Campaign Volunteer Ngapain Aja? Ketahui Arti dan Tugasnya

 Campaign Volunteer Ngapain Aja? Ketahui Arti dan Tugasnya
Share To:

Campaign volunteer ngapain aja – Siapa nih yang familiar dengan kegiatan online campaign volunteer tapi belum paham maksudnya apa? Khususnya bagi pengguna Instagram yang pastinya sudah tidak asing dengan kegiatan ini karena banyaknya promosi yang bertebaran di beranda. Nah, apa sih sebenarnya online campaign volunteer itu dan kegiatannya apa saja? Yuk, simak penjelasan berikut!

Kegiatan Campaign Volunteer Ngapain Aja?

Pengertian Volunteer Online

Sebelum membahas kegiatan, ada baiknya Anda harus tahu pengertiaan volunteer online terlebih dahulu. Karena erat kaitannya dengan kegiatan campaign yang dilakukan secara online.

Volunteer online itu sama kok dengan kegiatan volunteer pada umumnya. Kegiatan volunteer sendiri pada dasarnya adalah aksi sukarela untuk melakukan suatu kegiatan bersama dengan suatu organisasi dan memiliki tujuan tertentu, misalkan di bidang pendidikan, sosial, lingkungan, atau kesehatan.

Biasanya, ketika mengikuti kegiatan volunteer, peserta diwajibkan untuk pergi ke suatu daerah dengan jangka waktu tertentu dengan biaya mandiri dan memenuhi beberapa persyaratan seperti mengirim CV, surat motivasi, hingga sesi wawancara dengan pihak panitia.

Namun, banyak kegiatan volunteer sekarang dilaksanakan melalui media sosial sehingga persyaratannya menjadi lebih mudah.

Sederhananya, volunteer online adalah kegiatan relawan yang aktivitasnya dilakukan melalui media sosial. Nah, karena platformnya adalah media sosial, kegiatan tersebut jadi lebih mudah diakses, jangka waktunya juga lebih pendek (sekitar 3–7 hari), dan dapat diikuti oleh khalayak umum.

Lalu, kegiatannya apa saja sih jika menjadi volunteer online campaign? Lebih mudah atau justru lebih sulit?

Kegiatan Online Campaign Volunteer

Berbeda dengan kegiatan volunteer offline, kegiatan volunteer online campaign lebih fleksibel untuk waktu pelaksanaan maupun tugas yang harus dilakukan.

Tapi harus diingat bahwa setiap organisasi punya jenis kegiatan dan tenggat waktu sendiri untuk programnya. Misalnya program dengan tema “Support Group Kesehatan Mental“. Untuk kegiatan volunteer online di Instagram secara umum kegiatannya meliputi:

Mengunggah Twibbon
Twibbon adalah sebuah bingkai foto kekinian yang biasanya digunakan untuk syarat pendaftaran kegiatan volunteer online. Para peserta wajib untuk mengunggah twibbon di akun Instagram mereka dan follow akun Instagram dari organisasi yang menyelenggarakan kegiatan volunteer.

Mengunggah Materi Campaign
Di hari-hari selanjutnya, peserta akan diberikan instruksi melalui grup untuk menggunggah materi campaign berupa gambar atau video beserta caption yang sudah disiapkan oleh panitia ke akun Instagram. Jadi hanya perlu download gambar, salin caption kemudian unggah!

Tapi, tetap harus diperhatikan juga ya urutan gambar yang harus diunggah dan caption-nya. Karena di bagian tersebut, panitia sering memberikan kolom kosong untuk diisi oleh peserta. Kegiatan ini biasanya berlangsung di hari kedua sampai hari keenam, tergantung susunan kegiatan dari pihak panitia.

Webinar
Sebagai penutup kegiatan, webinar diselenggarakan di hari terakhir kegiatan. Webinar adalah singkatan dari web dan seminar, sederhananya seminar yang diadakan secara online. Digelar melalui platform Zoom atau YouTube dengan mengundang pembicara untuk memberikan informasi terkait tema dari online campaign yang sudah diselenggarakan.

Webinar atau workshop online adalah kegiatan yang wajib dihadiri bagi peserta yang mengharapkan sertifikat volunteer. Setelah sesi webinar selesai, pihak panitia melalui moderator webinar akan membagikan absensi kehadiran yang akan dinilai sebagai partisipasi peserta pada seluruh kegiatan volunteer. Jadi jangan sampai terlewatkan, ya!

Manfaat Ikut Online Campaign Volunteer

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya. Jika kegiatannya online, apakah pengalamannya bermanfaat? Pertanyaan ini yang paling sering ditanyakan oleh calon peserta volunteer online campaign. Memang sistem ini jauh lebih mudah tetapi bukan berarti mengurangi manfaat dari kegiatan volunteer, ya.

Berikut 4 manfaat dari mengikuti volunteer online campaign:

1. Dapat relasi baru
2. Paham lebih dalam tentang topik yang dibahas
3. Meningkatkan kepekaan terhadap isu sosial
4. Sertifikat

Gimana nih para calon peserta volunteer, sudah tahu kan tugas dari campaign volunteer ngapaian aja? Makin tertarik kan untuk menambah pengalaman dan relasi lewat online campaign? Ayo, segera daftarkan diri dan kalian juga bisa cari informasi seputar program volunteer di eventjournal.id karena kami menyediakan informasi yang lengkap dan terbaru. Jadi, jangan lupa dicek, ya!

Penulis: Resha Naura
Editor: Kurnia Alif

Post Terbaru

  • Griyasis, Dukung Percepatan Teknologi Lewat Pengadaan Server dan IT Solution

  • Gandeng LOKET, Kreator Drive-in Senja Luncurkan Wahana Live Experience Baru “Dunia Mencekam”, Hadirkan Pop-Culture Horror Jepang Era Kini

  • TEROBOSAN! Wahid Foundation Luncurkan Modul Panduan Kontra Narasi dan Narasi Alternatif Toleransi dan Perdamian

  • Dimeriahkan oleh Berbagai Lineup dan Tiga Area Interaktif di Dalamnya, Playfest 2021 Capai 150 Ribu Visitor

4 Comments

  • Menarik nih, next mau ikut deh kalo kalian buka lagi🙏🙏

    • Ditunggu saja ya, kak 😀

  • Informatif sekali, saya dari dulu sering jadi volenter, ini cocok buat dimasa pandemi begini. Makasih kak infonya

    • Wah kakak pasti sudah banyak pengalamannya, ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *