9 Cara Membuat Giveaway di Instagram Yang Mudah dan Efektif

 9 Cara Membuat Giveaway di Instagram Yang Mudah dan Efektif
Share To:

Cara membuat giveaway di Instagram – Variasi strategi marketing melalui Instagram memang tidak ada habisnya. Saat ini, membuat konten kreatif saja tidak cukup untuk memperluas jangkauan penjualan suatu produk atau jasa. 

Salah satu strategi marketing kekinian yang dapat dilakukan untuk meraih hasil yang optimal melalui Instagram adalah giveaway. 

Bagi pengguna aktif Instagram pasti tidak asing dengan aksi giveaway. Aksi ini dimulai dari suatu brand yang ingin mempromosikan produknya pada audiens baru.

Tetapi saat ini, giveaway tidak hanya dilakukan oleh suatu brand, para content creator dan influencer pun turut meramaikan aksi giveaway untuk menambah followers serta jumlah interaksi akun Instagramnya.

Nah, bagi para pemilik bisnis baru atau content creator yang ingin mencoba membuat giveaway tapi masih belum paham bagaimana langkah-langkahnya, berikut cara membuat giveaway di Instagram:

TIPS DAN TRIK CARA MEMBUAT GIVEAWAY DI INSTAGRAM

1. Menetapkan Tujuan Giveaway

Langkah pertama adalah menentukan tujuan dari giveaway yang diselenggarakan.

Umumnya, giveaway bertujuan untuk menambah followers dan jumlah interaksi akun Instagram, meningkatkan brand awareness dan engagement rates serta mengoptimalkan penjualan suatu produk atau jasa.

Tujuan giveaway adalah hal yang harus direncanakan dengan matang karena akan menentukan mekanisme pelaksanaan giveaway selanjutnya. 

2. Menetapkan Jangka Waktu Giveaway

Waktu pelaksanaan giveaway dapat dirancang ketika tujuan dari giveaway tersebut sudah pasti. 

Dengan adanya tujuan yang spesifik, jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut pun dapat diprediksi. 

Misalnya, ketika jangka waktu giveaway yang ditetapkan adalah 3 hari, maka Anda bisa memberikan 2 syarat saja untuk peserta giveaway supaya para peserta tidak kesulitan untuk melengkapi persyaratan dalam jangka waktu yang singkat.

3. Menentukan Target Audiens

Menentukan sasaran dan kriteria peserta giveaway adalah aspek yang harus diperhatikan bagi penyelenggara giveaway.

Target audiens harus disesuaikan dengan produk atau jasa yang dijual sehingga giveaway dapat berjalan dengan lancar.

Misalnya, jika brand Anda identik dengan produk kecantikan dari Korea Selatan, maka target audiens yang akan tertarik mengikuti giveaway adalah pecinta kosmetik atau mungkin saja fans KPop.

Sesuaikan target audiens dengan tujuan dan produk atau jasa yang Anda tawarkan sehingga strategi giveaway dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan brand Anda.

4. Menentukan Giveaway Mandiri atau Kerja Sama

Terdapat 2 cara membuat giveaway yaitu dengan melaksanakan segala proses giveaway secara mandiri atau bekerja sama dengan brand lain maupun influencer

Hal yang perlu dipertimbangkan di kedua pilihan ini adalah besarnya hadiah dari giveaway. Jika Anda memutuskan untuk berkolaborasi dengan orang lain maka biasanya hadiah yang diberikan akan lebih besar nilainya.

Selain itu, berkolaborasi dengan orang atau brand lain memang dapat mempercepat penyebaran informasi giveaway. Tetapi, tidak menutup kemungkinan jika konsep giveaway yang telah direncanakan menarik, maka banyak peserta yang turut serta menyebarkan informasi.

Jadi, sebelum beranjak ke proses selanjutnya, mekanisme pelaksanaan giveaway secara mandiri atau bekerja sama perlu dipastikan.

5. Menentukan Hadiah Giveaway

Ketika seluruh langkah sebelumnya sudah dilakukan, kini saatnya Anda menentukan hadiah giveaway. Hadiah dari giveaway sangatlah bervariasi, lebih baik disesuaikan  dengan brand dan tujuan Anda membuat giveaway.

Misalnya, jika tujuannya adalah brand awareness dan produk Anda adalah makanan ringan, voucher diskon atau beberapa produk makanan ringan gratis dapat dijadikan opsi hadiah giveaway.

Contoh lain, jika tujuan Anda adalah mempromosikan bisnis jasa titip album KPop, beberapa album KPop terbaru dapat dijadikan opsi hadiah. 

Pilihan hadiah ini juga berpotensi meningkatkan followers dan minat konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda. 

6. Membuat Persyaratan Giveaway

Persyaratan giveaway adalah kunci yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu giveaway.

Persyaratan giveaway yang dibuat harus sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan.

Umumnya, persyaratan giveaway adalah peserta harus follow Instagram, memberikan komentar pada unggahan giveaway, tag 3 teman dan repost unggahan tersebut di Instagram story. Seluruh persyaratan tersebut dapat dilakukan peserta hanya dalam waktu 15 menit saja. 

Dengan mempermudah persyaratan, peserta akan semakin tertarik untuk mengikuti giveaway Anda.

Selain itu, informasi terkait persyaratan ini juga harus dijelaskan dengan baik pada para peserta untuk menghindari kesalahpahaman.

7. Membuat Hashtag Giveaway di Instagram

Hashtag dapat digunakan untuk menyebarluaskan informasi serta menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan giveaway

Dengan menggunakan hashtag, para calon peserta akan lebih mudah untuk mencari informasi dari peserta lain yang sudah melengkapi persyaratan dan penyelenggara juga dapat melihat perkembangan program giveaway.

Buatlah hashtag yang terkait dengan produk, layanan, atau bisnis Anda dan pastikan hashtag mudah dieja dan diingat.

8. Menetapkan Sistem Pemilihan Pemenang Giveaway

Setelah rangkaian cara membuat giveaway di Instagram sebelumnya telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah menetapkan sistem pemilihan pemenang giveaway

Penentuan sistem pemilihan pemenang sebaiknya direncanakan secara matang untuk menghindari hal-hal yang berpotensi merugikan peserta dan brand image Anda.

Pemilihan pemenang dapat mengacu pada kelengkapan persyaratan yang telah dibuat atau menggunakan aplikasi random picker

Pastikan untuk memberikan informasi yang jelas pada peserta terkait sistem pemilihan pemenang selama periode giveaway.

9. Promosikan Giveaway di Instagram

Ketika periode giveaway sudah dimulai, jangan lupa untuk rajin mempromosikan giveaway untuk menarik lebih banyak audiens.

Jika persyaratan giveaway yang telah dibuat mencangkup repost unggahan terkait giveaway atau tag teman pada unggahan tersebut, informasi memang akan tersebar lebih cepat. 

Baca juga: Contoh Publikasi Event Melalui Media Sosial

Tetapi, jika persyaratan yang dibuat hanya follow akun brand maka buatlah 1 unggahan Instagram story per hari selama periode giveaway untuk mengingatkan audiens bahwa program giveaway masih berlangsung. 

Anda juga bisa tag akun lain untuk membantu promosi giveaway untuk menggaet lebih banyak peserta.

Itulah beberapa cara membuat giveaway di Instagram untuk menambah variasi strategi marketing dan mengoptimalkan usaha Anda melalui Instagram.

Nah, jika Anda membutuhkan contoh program giveaway yang sudah berhasil terlaksana, jangan lupa cek unggahan giveaway yang diselenggarakan eventjournal.id di Instagram @eventjournal.id ya!

Penulis: Resha Naura
Editor: Kurnia Alif

Post Terbaru

  • MAXIMA 2022

  • OPTIMALKAN MOMENTUM PEMULIHAN SEKTOR PARIWISATA, GARUDA INDONESIA KEMBALI GELAR GATF 2022, HADIRKAN POTONGAN HARGA HINGGA 80%

  • TEROBOSAN! Wahid Foundation Luncurkan Modul Panduan Kontra Narasi dan Narasi Alternatif Toleransi dan Perdamian

  • Dimeriahkan oleh Berbagai Lineup dan Tiga Area Interaktif di Dalamnya, Playfest 2021 Capai 150 Ribu Visitor

Leave a Reply

Your email address will not be published.