Cara Membuat Strategi Digital Marketing yang Tepat

 Cara Membuat Strategi Digital Marketing yang Tepat
Share To:

Cara membuat strategi digital marketing Istilah Digital Marketing sudah tidak lagi menjadi hal yang asing bagi kebanyakan orang, melainkan ilmu tersebut semakin digemari terutama oleh kalangan pebisnis untuk memajukan bisnisnya dalam masa pandemi yang mengharuskan kita untuk melakukan semuanya serba online

Seiring berjalannya waktu, cara untuk mengembangkan bisnis agar mampu bersaing dengan para kompetitor semakin bervariasi. Sama halnya dengan Digital Marketing atau Pemasaran Digital, ilmu tersebut bersifat dinamis dan mengikuti perkembangan zaman yang telah melibatkan teknologi untuk menguntungkan bisnis seseorang. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai strategi digital marketing yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda, simak pengertian digital marketing itu sendiri sebagai berikut.

Apa itu Digital Marketing?

Digital Marketing atau Pemasaran Digital merupakan upaya yang dilakukan para pengusaha untuk mempromosikan produk maupun servis dari bisnis mereka melalui media komunikasi digital. Keuntungan dari digital marketing sendiri yaitu kemungkinan bahwa iklan Anda akan tersebar dengan cepat, tidak memakan banyak biaya, dan perkembangan campaign Anda bisa diukur. Dengan kata lain, Anda bisa memantau komponen-komponen matriks dari digital marketing seperti impressions, reach, engagement rate, conversion rate, dan sebagainya. Variasi konten yang Anda buat nantinya bisa disebarkan melalui platform media komunikasi digital seperti iklan televisi atau radio, berbagai platform media sosial, blog atau website, newsletter, dan sebagainya. 

Tentunya untuk melakukan pemasaran secara digital tetap membutuhkan perencanaan yang tepat agar campaign dari bisnis Anda berjalan dengan efektif.  Bagaimana cara menentukan strategi yang tepat? Berikut merupakan langkah-langkahnya. 

Pertama-tama, Anda bisa melakukan analisa menggunakan PDB (Positioning, Differentiation, Brand) yang mampu membantu Anda menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk menyukseskan campaign dari bisnis Anda. 

  1. Positioning

Positioning merupakan tahap dimana Anda mencoba untuk memposisikan bisnis Anda di antara target audiens. Sebelum itu, ada pentingnya Anda menentukan terlebih dahulu siapa yang merupakan target audiens dari bisnis Anda. Penentuan target audiens mampu membantu Anda menyesuaikan dan memaksimalkan strategi pemasaran yang akan digunakan nantinya. Tahap pertama sebelum merencanakan sebuah strategi pemasaran, pastikan Anda telah melakukan riset pelanggan terlebih dahulu. Lakukan spesifikasi pelanggan dengan kategori sebagai berikut.

  1. Demografik
  • Usia
  • Gender 
  • Status perkawinan
  • Kondisi Sosial-Ekonomi 
  • Pekerjaan
  1. Minat dan Perilaku
  • Kepribadian 
  • Hobi
  • Tech-savviness 
  1. Key Touchpoints
  • Media Touchpoint 
  • Channel Touchpoint 

Kategori-kategori tersebut merupakan panduan dasar yang dapat membantu Anda menentukan target audiens dari bisnis Anda.

  1. Differentiation

Selain menentukan tipe audiens yang ingin Anda tuju, differentiation juga merupakan proses yang krusial dalam menentukan strategi pemasaran digital yang tepat bagi bisnis Anda. Dengan membuat sesuatu yang yang orisinil maupun inovatif dari segi konten, produk, atau servis yang Anda sajikan, akan lebih mudah nantinya bagi Anda untuk menarik perhatian dari target audiens Anda. Kreativitas Anda sangat dibutuhkan karena elemen ini sangat penting dan dapat mempengaruhi posisi bisnis Anda di kalangan target audiens Anda. 

Untuk penjelasan lebih lengkap dari jenis-jenis konten yang dapat digunakan untuk campaign Anda bisa lihat Cobalah Jenis-Jenis Konten Ini untuk Mengembangkan Bisnis Anda! (link). 

  1. Brand

Prosesnya yang disebut sebagai branding tidak kalah penting dengan proses yang sudah disebutkan sebelumnya. Untuk menentukan sebuah brand tidaklah mudah, seseorang tidak bisa semata-mata memberi nama ataupun logo karena brand tersebut merupakan identitas dan representasi dari bisnis Anda. Anda harus mampu menjaga nama baik bisnis Anda agar brand value terus meningkat dan mampu menjangkau tipe audiens yang lebih luas. 

Tahap kedua yang bisa Anda lakukan untuk menyusun strategi pemasaran digital Anda; Pelajari media-media pemasaran digital dan jenis-jenis marketing yang nantinya akan Anda gunakan untuk menyelenggarakan campaign Anda agar pesannya dapat tersalurkan dengan cepat kepada target audiens Anda. Media pemasaran digital yang bisa Anda gunakan antara lain:

  • Media Sosial (Instagram, Facebook, Tiktok, dan lain-lain)
  • Blog atau Website 
  • Ads (Google Ads, Youtube Ads, Facebook Ads)
  • Email atau Newsletters 

Berdasarkan media pemasaran tersebut, ada baiknya Anda juga mengetahui jenis-jenis marketing yang ada. Berikut merupakan beberapa jenis marketing yang bisa Anda lakukan.

  1. Social Media Marketing

Anda bisa mengoptimalisasikan media sosial yang ada seperti Instagram, Twitter, Tiktok, LinkedIn, dan sebagainya guna meningkatkan brand awareness Anda dengan mempublikasikan konten-konten yang menarik secara gratis. 

  1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau Search Engine Optimization merupakan upaya yang dilakukan agar tulisan Anda yang ada di website maupun blog berada pada page one di halaman pencarian Google. Dengan melakukan riset terlebih dahulu terhadap keywords yang relevan, tulisan Anda mampu menempati posisi yang terbaik di Google. SEO sendiri tidak memakan biaya apapun. 

  1. SEM (Search Engine Marketing)

Berbeda dengan SEO, SEM atau Search Engine Marketing merupakan upaya berbayar untuk mengarahkan target audiens ke website Anda. Proses SEM lebih cepat dibandingkan SEO dan SEM menggunakan sistem PPC atau Pay-Per-Click. Dengan PPC, Anda akan membayar setiap ada seseorang yang mengklik website Anda. Media yang biasa digunakan antara lain Google Ads atau Facebook Ads. 

  1. Email Marketing

Email juga bisa Anda gunakan untuk melakukan pemasaran digital dimana teknik copywriting sangat berguna dalam penulisan email. Dengan menggunakan media ini, Anda bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Biasanya isi dari email sendiri meliputi sapaan kepada pelanggan atau promo dari bisnis Anda yang dikemas secara menarik sehingga bisa menindaklanjuti mereka untuk beralih ke media sosial ataupun website yang Anda cantumkan. 

  1. Affiliate Marketing 

Belakangan ini, Affiliate Marketing sering digunakan untuk memasarkan bisnis seseorang dimana Anda bekerja sama dengan pihak kedua untuk mereferensikan atau mempromosikan produk maupun layanan dari bisnis Anda dengan imbalan berupa komisi atau sesuai dengan kesepakatan Anda dengan partner bisnis Anda. 

Kesalahan Umum saat Merencanakan Strategi Digital Marketing 

Digital Marketing memang merupakan cara yang lebih mudah dan murah untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis Anda dibandingkan dengan Offline Marketing, tetapi jika Anda harus memperhatikan hal-hal dibawah ini yang mampu menjadi penghambat dalam perencanaan strategi pemasaran digital Anda.

  • Target audiens yang tidak tepat
  • Tidak mengukur traffic dari media pemasaran digital Anda
  • Tidak mengoptimalisasikan skill content writing dan copywriting yang dapat membuat kualitas konten Anda menurun
  • Tidak memperhatikan kompetitor 

Dapat disimpulkan bahwa Digital Marketing merupakan cara yang lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan Offline Marketing untuk memasarkan bisnis Anda tanpa memakan biaya yang terlalu banyak.

Anda juga bisa mengukur traffic yang mengunjungi halaman Anda, tetapi, dalam merencanakan sebuah strategi digital marketing yang tepat, Anda harus memperhatikan beberapa hal sehingga produk maupun layanan yang Anda tawarkan mampu mencapai target audiens Anda.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Digital Marketing, Event, dan tips-tips lainnya, Anda bisa mengunjungi eventjournal.id.

Penulis: Anargya Dafnie Athaya
Editor: Kurnia Alif

Post Terbaru

  • Griyasis, Dukung Percepatan Teknologi Lewat Pengadaan Server dan IT Solution

  • Gandeng LOKET, Kreator Drive-in Senja Luncurkan Wahana Live Experience Baru “Dunia Mencekam”, Hadirkan Pop-Culture Horror Jepang Era Kini

  • TEROBOSAN! Wahid Foundation Luncurkan Modul Panduan Kontra Narasi dan Narasi Alternatif Toleransi dan Perdamian

  • Dimeriahkan oleh Berbagai Lineup dan Tiga Area Interaktif di Dalamnya, Playfest 2021 Capai 150 Ribu Visitor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *