12 Cara Meningkatkan Brand Awareness di Instagram

 12 Cara Meningkatkan Brand Awareness di Instagram
Share To:

Cara Meningkatkan Brand Awareness di Instagram- Di zaman yang serba online saat ini, media sosial berperan penting untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan strategi brand awareness. Terdapat berbagai cara meningkatkan brand awareness di Instagram jika suatu brand ingin memperkenalkan produk atau jasa mereka pada publik.

12 CARA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI INSTAGRAM

Menggaet minat publik di Instagram bukanlah proses yang sebentar. Untuk mendapatkan perhatian target klien lalu membangun suatu komunitas online, kita harus memiliki dedikasi yang tinggi dan konsisten. 

Membangun brand awareness dapat dimulai dengan memperhatikan tatanan feed akun Instagram serta konten yang diunggah pada akun tersebut. Terdengar sederhana memang, tetapi membutuhkan ide kreatif yang dapat membedakan suatu brand dengan lainnya. 

Berikut 12 cara meningkatkan brand awareness di Instagram:

1. Tatanan feed dengan tipe Carousel

Tipe tatanan feed carousel adalah tatanan konten Instagram yang berisi informasi yang berkelanjutan. Jadi, beberapa foto yang saling berkaitan isinya, disusun dalam satu unggahan foto.

Dengan menggunakan tatanan carousel, klien akan mendapatkan informasi yang lengkap hanya dari satu unggahan foto saja. Mereka hanya perlu menggeser foto ke kiri untuk membaca informasi selanjutnya.

2. Tatanan feed FlatLay

FlatLay adalah jenis foto yang menunjukkan suatu barang di permukaan yang datar seperti permukaan cermin, meja atau selembar kain. 

Tipe tatanan feed ini sangat diminati pengguna Instagram karena dianggap aesthetic dan rapi. Dengan  membuat tatanan produk dengan konsep ini, suatu brand dapat memberikan kesan yang elegan sebagai cara meningkatkan brand awareness di Instagram.

3. Meme atau Sarkasme

Sarkasme atau meme adalah jalan pintas suatu brand untuk meningkatkan brand awareness dengan cepat. Meme dapat berisi suatu isu terkini yang disesuaikan dengan produk yang dijual. Misalnya, unggahan pesan lucu antara driver gojek dengan pengguna yang dapat menarik perhatian publik karena kejadian tersebut sering terjadi.

Mengunggah meme dengan menyisipkan sentuhan marketing adalah salah satu cara meningkatkan brand awareness di Instagram.

4. Testimoni

Sebagai suatu brand, testimoni konsumen sangatlah penting untuk meningkatkan brand awareness. 

Dengan mengunggah testimoni dari konsumen maka lebih banyak klien yang merasa tertarik untuk ikut membeli produk. Seringkali, konsumen mengunggah testimoni lewat akun Instagramnya, gunakanlah kesempatan ini untuk berinteraksi dengan audiens.

Repost testimoni tersebut dengan memberi kredit berupa tag ke akun audiens, sehingga mendorong klien yang lain untuk turut mengunggah testimoni dan sebagai hasil, brand awareness pun meningkat.

Baca juga: Campaign Volunteer Ngapain Aja? Ketahui Arti dan Tugasnya

5. Quotes

Quotes mungkin terdengar seperti jenis konten yang terlalu serius dan tidak cocok untuk suatu brand yang memiliki tujuan untuk meningkatkan brand awareness. 

Tapi siapa sangka, quotes mempunyai potensi yang besar untuk menggaet perhatian klien. Gunakan quotes yang sesuai dengan produk yang dijual atau sesuai dengan topik sosial yang sedang hangat dibicarakan. 

Misalnya, quotes berupa kata motivasi atau kutipan dari seorang publik figur yang terkenal terkait pentingnya merawat tubuh jika produk yang dijual adalah produk perawatan tubuh.

6. Konten Komunikatif

Untuk meningkatkan brand awareness di Instagram, ide kreatif dan komunikatif sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian klien.

Misalnya, membuat konten yang sedang trending dan ajak mereka untuk berkomentar dengan kalimat “bagaimana menurut kalian?” atau “tulis pendapatmu di kolom komentar”.

7. Konten Informatif

Klien berperan sangat penting pada perkembangan akun marketing di Instagram, maka dari itu konten yang diunggah harus memiliki potensi untuk menarik perhatian mereka. 

Misalkan, konten berisi suatu pendapat dari seseorang yang membuat klien tertarik untuk memberikan argumen mereka di kolom komentar atau sebuah infografis yang berisi perbandingan suatu topik tertentu.

8. Challenge

Di hari-hari spesial seperti Hari Kemerdekaan, Natal atau Idul Fitri, konten berupa ucapan atau infografis yang terkait dengan hari tersebut dapat diunggah sebagai cara meningkatkan brand awareness

Dengan membuat konten di hari spesial seperti challenge yang berhadiah, suatu brand akan mendapatkan awareness yang tinggi karena turut memeriahkan hari penting dengan aktivitas yang seru dan interaktif.

Misalnya, “Sebutkan 3 judul lagu Nasional Indonesia yang berawalan dengan huruf A” atau “ Tebak film dengan nuansa Natal” 

9. Instagram Story

Fitur Instagram Story wajib digunakan untuk mempertahankan minat klien pada produk yang dijual oleh suatu brand.

Minimal 1 story per hari menggunakan fitur Q&A, polling, question box atau permainan seperti bingo dan teka-teki sudah menjadi cara untuk meningkatkan brand awareness yang efisien dan mudah untuk dilakukan.

10. Giveaway dan Promo

Aksi ini yang paling sering menarik perhatian klien untuk follow suatu akun brand di Instagram. 

Umumnya, terdapat persyaratan untuk mendaftar giveaway atau untuk mendapatkan kode promo. Persyaratannya yaitu follow akun Instagram, berkomentar, tag teman atau repost postingan tersebut di Instagram Story atau Instagram feed.

Kedua konten tersebut tanpa disadari adalah cara untuk meningkatkan brand awareness yang interaktif.

Baca juga: Contoh Publikasi Event Melalui Media Sosial

11. Instagram Reels

Fitur baru Instagram ini sudah sering digunakan oleh berbagai brand untuk berbagi video bahkan sebagai media marketing.

Instagram reels dianggap lebih menarik daripada unggahan foto Instagram karena berbentuk video singkat yang menggunakan teknik editing yang menarik

Konten reels dapat berisi informasi produk seperti ulasan produk yang dijual, manfaat produk atau menjelaskan keunggulan produk dari pesaing lainnya.

12. Instagram Live

Instagram live adalah fitur dimana suatu brand dapat berkomunikasi secara langsung dengan klien mereka. 

Dengan rutin melakukan Instagram live, sebuah brand dapat mempertahankan citranya, memperluas jangkauan target klien dan meningkatkan brand awareness dengan klien baru.

Umumnya, Instagram live adalah sesi berbagi informasi produk yang lebih rinci daripada unggahan foto atau reels atau sebagai alat untuk mempromosikan suatu produk baru yang sedang promo.

Penulis: Resha Naura
Editor: Kurnia Alif

Post Terbaru

  • Griyasis, Dukung Percepatan Teknologi Lewat Pengadaan Server dan IT Solution

  • Gandeng LOKET, Kreator Drive-in Senja Luncurkan Wahana Live Experience Baru “Dunia Mencekam”, Hadirkan Pop-Culture Horror Jepang Era Kini

  • TEROBOSAN! Wahid Foundation Luncurkan Modul Panduan Kontra Narasi dan Narasi Alternatif Toleransi dan Perdamian

  • Dimeriahkan oleh Berbagai Lineup dan Tiga Area Interaktif di Dalamnya, Playfest 2021 Capai 150 Ribu Visitor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *