11 Contoh Ide Event online Saat Pandemi

 11 Contoh Ide Event online Saat Pandemi
Share To:

Event Online Saat Pandemi – Kegiatan serba online, terasa mudah namun juga sulit dilakukan akibat harus putar otak untuk melakukannya seperti yang biasa dilakukan sebelumnya. Pembuatan event kini harus online karena pandemi yang melanda.

Event tidak hanya sebuah acara bersenang-senang atau berkumpul dengan teman. Sering kali Anda menemukan juga event untuk memberikan edukasi dan menambah wawasan terkait sesuatu yang membuat Anda tertarik, misalnya event terkait bisnis, investasi, karier, dan sebagainya.

Pengertian Event online

Event online atau yang sering juga disebut virtual event adalah pengadaan event secara online dengan penggunaan media internet. Dengan penggunaan internet ini, event online dapat diikuti seluruh audiens dari berbagai kalangan, daerah, hingga lintas negara sekalipun.

Dengan adanya teknologi super canggih, event yang dulunya harus menyiapkan ruangan, makanan dan minuman, hingga souvenir pun berubah menjadi lebih praktis. Bahkan, Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos lebih jika ingin menghadiri event offline yang jauh. Luar biasa, bukan?

Event online saat pandemi COVID-19 seperti ini juga kian digemari karena merupakan salah satu strategi marketing yang diyakini dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Pengeluaran yang berkurang

Sebelum adanya pandemi, dalam Anda menyelenggarakan event tentu membutuhkan banyak sekali pengeluaran. Pengeluaran dari tempat acara, transportasi, konsumsi, buah tangan, bahkan dekorasi  ruangan agar tampak profesional.  Meski telah menghabiskan modal yang besar, belum tentu juga event Anda akan berhasil menjangkau banyak peserta yang hadir.

Maka dari itu, event di masa pandemi seperti ini sangat membantu Anda untuk memperkecil pengeluaran dalam pengadaan event. Tidak hanya itu, Anda juga akan lebih mudah menjangkau banyak peserta dengan ketersediaan teknologi saat ini, daripada Anda harus keliling mencari peserta seperti dulu!

Justru strategi marketing dalam pengadaan event online ini juga bisa menjadi sarana memasarkan event Anda secara gratis. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membuat audiens melakukan publikasi di media sosial untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan, misalnya Instagram Story yang paling menarik akan mendapatkan buku gratis.

  1. Tidak Menurunkan Kualitas Event

Event online akan sama-sama memiliki kualitas ketika event offline. Hal ini diakibatkan karena pengeluaran Anda yang cenderung kecil akan membuat Anda lebih memprioritaskan isi dari event tersebut.

Peningkatan dari materi yang diberikan hingga undangan narasumber yang luar biasa tentu tidak akan membuat kualitas event Anda menurun. Hadiah seperti giveaway maupun doorprize seperti event offline pun juga dapat Anda sediakan untuk memeriahkan suasana.

Baca juga: 9 Cara Membuat Giveaway di Instagram Yang Mudah dan Efektif

Tips lain agar tidak membuatnya menurun adalah dengan Anda tetap membuat adanya interaksi kepada peserta atau audiens. Meski tidak bertemu secara langsung, ada banyak cara yang bisa Anda siapkan untuk tetap terhubung dengan audiens, seperti proses tanya jawab.

  1. Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Untuk memasarkan sebuah acara online, Anda membutuhkan pemasaran digital. Dengan ads melalui media sosial yang murah meriah, dapat membantu Anda menjangkau audiens sesuai kriteria yang Anda inginkan untuk hadir dalam event.

Tak perlu takut pula dengan keberadaan peseta yang banyak, aplikasi seperti Google Meet dan Zoom telah menyediakan fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk event online. Maka tak jarang kini banyak sekali yang lebih minat untuk menghadiri virtual online.

  1. Membuat Audiens Fear of Missing Out (FOMO)

Sebagian orang, tentu tidak ingin melewatkan sesuatu yang menarik perhatian. Contohnya saja seperti smartphone Apple terbaru yang membuat banyak orang rela mengantri untuk mendapatkannya. Sama seperti event, jika menarik perhatian audiens, maka audiens akan rela untuk menunggu, membeli, bahkan mempromosikan ke teman atau keluarganya.

Tips agar audiens dapat merasakan FOMO dalam event online saat pandemi ini adalah dengan penggunaan kata slot terbatas, tinggal 10 slot terakhir, atau telah mencapai batas maksimum. Dengan pengadaan live streaming seperti pemanfaatan media YouTube juga diyakini mampu membuat audiens FOMO alias takut ketinggalan.

Contoh-Contoh Event online Saat Pandemi

Berikut merupakan 11 contoh event online untuk mahasiswa, anak sekolahan, maupun berbagai target audiens lainnya:

1. Lomba Buat Video

Tidak hanya tugas suruhan dosen yang meminta mahasiswanya membuat video, Anda pun sebagai penyelenggara event bisa mengadakan lomba membuat video. Sekaligus memasarkan brand perusahaan atau bisnis Anda, pembuatan video juga dirasa salah satu pemasaran dengan pengeluaran yang kecil.  

Untuk asumsi, misalnya Anda ingin promosi perusahaan Anda yang bergerak dalam bidang keuangan berulang tahun ke 50 tahun, Anda dapat meminta pengikut di sosial media bisnis tersebut untuk membuat video semenarik mungkin bertemakan impian financial freedom di usia muda dengan total hadiah 10 juta rupiah. 

Semakin banyak pengikut Anda yang ikutan lomba tersebut, maka akan semakin banyak peluang perusahaan Anda semakin dikenal oleh banyak orang akibat viewers di setiap video yang terbagikan dalam sosial media.

2. Kompetisi Game Online 

Untuk para gamers, Anda bisa menyediakan event bermain game online bersama-sama. Tentu impian para gamers biasanya adalah menghasilkan uang dari bermain game. Maka Anda bisa menciptakan impian mereka dan bersenang-senang bersama!

Game online bersama ini bisa diikuti oleh banyak kalangan, dari anak sekolah, mahasiswa, hingga bapak-bapak kantoran. Apalagi, gamers di Indonesia yang kian banyak dan para profesional yang terkenal pun dapat menjadi target audiens kompetisi game online ini.

3. Virtual Career Expo

Untuk para mahasiswa tingkat akhir yang sedang bingung mencari perusahaan untuk bekerja, virtual career expo ini bisa menjadi sarana terbaik Anda menemukan perusahaan impian. Selain Anda membantu mahasiswa maupun fresh graduate yang hadir, Anda juga membantu perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan lebih mudah dan cepat calon karyawannya.

Dalam virtual career expo ini, biasanya disajikan dalam bentuk pertemuan Zoom di mana setiap perusahaan akan mempromosikan perusahaannya atau juga bisa hanya melalui website yang Anda buat. Website bisa di design seolah-olah audiens merasa mengikuti expo secara nyata dan dihadiri informasi yang lengkap dari berbagai perusahaan terdaftar. 

4. Olahraga Online

Jika perusahaan Anda bergerak dalam bidang kesehatan, aktivitas olahraga online ini bisa juga menjadi salah satu event online yang diadakan, lho! Hal inilah yang bisa menjadi kesempatan besar untuk Anda menyediakan aktivitas olahraga online bersama.

Biasanya, para wanita yang sudah menjadi ibu rumah tangga mengeluhkan mengenai berat badan. Tidak mau olahraga sebab tidak ada teman pun juga terkadang menjadi alasan utamanya. Maka dari itu, dengan olahraga online, Anda bisa membantu ibu-ibu rumah tangga maupun audiens yang mencintai olahraga bisa memotivasi satu dengan yang lain. 

5. Jalan-jalan Virtual

Keinginan untuk liburan saat pandemi kini menjadi impian sejuta umat. Meskipun tidak diperbolehkan secara bebas untuk berlibur, Anda juga bisa menyediakan event wisata virtual untuk audiens. 

Jika Anda pemilik resort mewah, villa dengan pantainya yang indah, bahkan kebun binatang pun bisa untuk melakukan wisata virtual. Sering juga ditemui influencer yang membagikan postingan jika berlibur, para pengikutnya justru meminta untuk sering post terkait liburannya agar terasa ikut berlibur bersama! 

6. Workshop

Dengan penyediaan isi materi workshop yang efektif, tentu tidak akan membuat audiens Anda merasa jenuh. Workshop yang efektif, dapat dilakukan dengan membuat materi yang singkat, padat, dan mudah dimengerti oleh orang awam. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa mencoba berulang kali mengenai materi tersebut kepada rekan atau panitia penyelenggara. Jika dirasa telah mencukupi dan menarik bagi audiens, maka Anda telah siap menyajikan workshop yang keren dan berkesan. Pastikan bahwa workshop tersebut memiliki tema yang kekinian, ya!

7. Event Membuat Tutorial

Tutorial menjadi video yang banyak dilirik oleh audiens. Anda bisa memberikan beberapa edukasi yang menarik seperti pembuatan animasi, video dengan software sederhana, editing foto, make up, dan berbagai tutorial menarik lainnya. Meski terlihat sederhana, namun jika Anda memberikan edukasi, maka pasti akan ada audiens yang membutuhkannya. 

8. Konser Online

Jika Anda menginginkan adanya hiburan dalam event, maka konser online dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Hiburan tentu akan sangat diidamkan oleh seluruh masyarakat yang terdampak pandemi. Apalagi jika Anda tertarik dengan dunia musik,  konser online juga akan menghibur diri Anda sendiri!

9. Virtual Meet up

Acara online selain webinar lainnya adalah virtual meet up. Untuk para wanita yang biasanya makan cantik bersama teman-temannya, virtual meet up bisa Anda coba untuk melakukan makan malam online. Meskipun tidak bertemu secara langsung, namun melihat teman-teman pun tentu Anda akan tetap bahagia, bukan?

Tidak hanya khusus wanita, jika ada rekan Anda yang berulang tahun pun, Anda bisa melakukan virtual meet up untuk memberikan surprice sederhana dengan penggunaan virtual background foto yang lucu. Bermain game, karaoke, truth or dare secara online bisa dilakukan dengan asik dan seru.

10 .Online Training

Kini pelatihan tidak mewajibkan kehadiran Anda maupun audiens secara fisik. Dengan online, Anda tetap bisa memberikan pelatihan misalnya pengadaan kursus atau edukasi lain untuk membantu audiens memiliki pembelajaran baru.

11. Seminar Online

Seminar online atau webinar merupakan sebuah seminar yang diadakan berbasis internet. Webinar sendiri bisa terbagi menjadi beberapa bagian, yang pertama adalah sales webinar di mana Anda dapat meminta audiens untuk mendaftarkan diri melalui media yang Anda sediakan terlebih dahulu sebelum panitia mengirimkan modul atau materi mengenai event online Anda. 

Jenis kedua adalah the one off for profit webinar di mana sesuai namanya, Anda meminta untuk audiens melakukan transaksi terlebih dahulu sebelum ilmu seminar dibagikan. Tentunya, ini akan lebih terlihat profesional dan berkualitas karena peserta harus mengeluarkan uang demi seminar tersebut. Namun, Anda harus juga memperkirakan harga yang ditawarkan, ya!

Baca juga: Tips dan Topik Webinar Untuk Anak Muda Yang Menarik

Webinar series juga kini banyak digemari oleh audiens. Jenis webinar series merupakan webinar yang menyajikan lebih dari 1 episode yang dapat dipilih sesuai keinginan audiens. Contohnya seperti episode pertama mengenai investasi dasar, episode kedua mengenai investasi ala anak muda dengan reksadana, dan seterusnya.

Nah, tentu sama menariknya dengan event offline, bukan? Event di masa pandemi ini, juga bisa mencakup berbagai audiens tergantung tujuan Anda. Yuk, kreasikan event Anda dan promosikan melalui Event Journal Media sebagai media promosi event terbaik di Indonesia!

Post Terbaru

  • Griyasis, Dukung Percepatan Teknologi Lewat Pengadaan Server dan IT Solution

  • Gandeng LOKET, Kreator Drive-in Senja Luncurkan Wahana Live Experience Baru “Dunia Mencekam”, Hadirkan Pop-Culture Horror Jepang Era Kini

  • TEROBOSAN! Wahid Foundation Luncurkan Modul Panduan Kontra Narasi dan Narasi Alternatif Toleransi dan Perdamian

  • Dimeriahkan oleh Berbagai Lineup dan Tiga Area Interaktif di Dalamnya, Playfest 2021 Capai 150 Ribu Visitor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *