12 Ide Ice Breaking Online Seru dan Mudah

 12 Ide Ice Breaking Online Seru dan Mudah
Share To:

Ide Ice Breaking Online –  Ketika Anda menggelar suatu acara, Anda pasti mengharapkan para peserta untuk aktif berpartisipasi dan menikmati acara yang sedang berlangsung. 

Terlebih ketika acara tersebut diselenggarakan secara daring seperti webinar, workshop, maupun talk-show.

Karena diselenggarakan secara daring, para peserta akan lebih mudah merasa bosan dan kehilangan fokusnya. Hal ini seringkali terjadi karena kurangnya interaksi antara fasilitator dan peserta.

Mengingat acara daring mengharuskan para peserta untuk duduk di depan laptop dan hanya mendengarkan pembicara, peserta seringkali merasa jenuh bahkan mengantuk selama acara berlangsung.

Maka dari itu, kegiatan ice breaking perlu dilakukan untuk menghilangkan kebosanan peserta dan menjaga acara tetap interaktif dan kondusif.

Sebelum mengetahui ide ice breaking online yang dapat dilakukan untuk acara daring Anda, simak dulu yuk pengertian dan manfaat ice breaking!

PENGERTIAN ICE BREAKING

apa itu ice breaking

Ice breaking adalah suatu kegiatan interaktif antara peserta dan penyelenggara acara. Kegiatan ini bertujuan untuk memecahkan kejenuhan dan membangkitkan semangat peserta untuk mengikuti acara sampai akhir.

Sederhananya, ice breaking adalah sesi permainan yang membutuhkan partisipasi aktif dari para peserta.

Ice breaking biasanya dilakukan pada acara luring seperti suatu seminar, pelatihan bahkan kegiatan pengajaran di dalam kelas. 

Jika diselenggarakan secara luring, kegiatan ini dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan dengan alat bantu yang beragam.

Sejak munculnya pandemi COVID-19, berbagai inovasi ice breaking telah hadir pada beberapa acara daring. 

Pelaksanaan ice breaking secara daring tentu saja lebih sederhana dan mudah dilakukan.

Baca juga: Arti, Contoh, dan Cara Membuat Portofolio yang Menarik

Umumnya, ice breaking dilakukan di pertengahan acara untuk memberikan waktu bagi para peserta maupun pembicara untuk beristirahat sejenak.

Durasi yang diberikan untuk sesi ice breaking tidak terlalu lama, maksimal 20 menit dari seluruh rangkaian acara.

MANFAAT ICE BREAKING

manfaat ice breaking

Pelaksanaan ice breaking tidak hanya memberikan waktu istirahat bagi para peserta dan pembicara saja lho.

Sesi ice breaking juga dapat memberikan kesempatan bagi para peserta untuk membangun relasi baru dan berpartisipasi secara aktif pada suatu acara.

Baca juga: Campaign Volunteer Ngapain Aja? Ketahui Arti dan Tugasnya

Berikut manfaat lain dari pelaksanaan ice breaking untuk acara daring:

  1. Menghilangkan kejenuhan peserta dan mengembalikan semangatnya untuk mengikuti sesi acara selanjutnya
  2. Menarik minat peserta untuk berpartisipasi aktif dalam rangkaian acara selanjutnya
  3. Memberikan kesempatan bagi para peserta dan pembicara untuk menyegarkan pikiran setelah mendengarkan atau memberikan materi 
  4. Memberikan kesempatan bagi para peserta untuk saling berinteraksi
  5. Membangun suasana yang rileks bagi para peserta sehingga menghilangkan situasi kaku pada acara yang diselenggarakan

12 IDE ICE BREAKING ONLINE

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat ice breaking di suatu acara daring, Anda semakin tertarik kan untuk menambahkan sesi ice breaking pada susunan acara? 

Nah, tim eventjournal.id telah merangkum 12 pilihan permainan sederhana yang dapat Anda mainkan secara daring dalam sesi ice breaking, berikut ide ice breaking online:

1. Tebak Judul Lagu

Permainan ini dapat dimainkan dalam suatu acara yang cenderung informal. Misalkan pada kegiatan webinar atau talk-show yang membahas topik ringan.

Jika jumlah peserta yang mengikuti acara lumayan banyak dan waktu yang disediakan untuk ice breaking tidak lama, fasilitator dapat memulai permainan tanpa harus membagi peserta dalam beberapa kelompok.

Namun, jika acara yang diselenggarakan jumlah pesertanya tidak banyak maka sebaiknya fasilitator membagi peserta dalam beberapa kelompok di breakout room.

Dalam permainan ini, fasilitator dapat menyiapkan beberapa slide presentasi berisi petunjuk atau langsung mengatakan petunjuknya secara lisan. 

Untuk menjawab tebakannya, para peserta dapat menuliskan jawaban di kolom chat.

Selain itu, fasilitator juga harus membuat peraturan permainan seperti hanya boleh mendeskripsikan lagu dengan satu kata atau hanya menggumamkan sepenggal lirik saja.

Untuk permainannya, fasilitator dapat menentukan tema atau genre dari lagu terlebih dahulu. Kemudian fasilitator akan mengutarakan petunjuk berupa potongan lirik atau gambar yang merepresentasikan judul lagu. 

Para peserta harus menebak judul lagu tersebut sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Peserta juga akan diberikan waktu 30 detik untuk menebak judul lagu tersebut.

Sebagai contoh, tema lagu adalah K-Pop dan lagu yang dipilih adalah lagu dari boy grup NCT Dream berjudul Hot Sauce. Fasilitator dapat memberikan gambar botol sambal sebagai petunjuk yang harus ditebak peserta. 

Baca juga: 5 Ide Team Building Online saat Kerja di Rumah

2. Tebak Gambar

Konsep permainan ini hampir sama dengan tebak lagu tetapi media permainannya diganti menjadi gambar. 

Gambar dapat merepresentasikan suatu perusahaan atau bahkan suatu meme yang berkaitan dengan topik yang dibahas. 

Para peserta akan diberikan waktu maksimal 30 detik untuk menjawab melalui fitur raise hand atau kolom chat di aplikasi meeting online.

Misalnya pada acara webinar tentang bisnis, fasilitator dapat menunjukkan beberapa logo perusahaan yang terkenal dengan inovasi bisnisnya. 

Sedangkan untuk acara informal seperti talk-show, fasilitator dapat mencantumkan beberapa meme untuk ditebak oleh para peserta.

Setelah memberikan petunjuk, para fasilitator dapat memberikan waktu beberapa detik untuk mempersilahkan peserta untuk menjawab.

3. Tebak Kalimat

Inovasi permainan tebakan memang tidak ada habisnya. Permainan tebakan sangat diminati oleh beberapa penyelenggara acara karena kemudahannya untuk dimainkan.

Pada permainan ini, para fasilitator diharuskan untuk mengumpulkan beberapa kalimat yang sering dipakai oleh masyarakat. Contohnya kalimat trendy yang digunakan dalam aplikasi TikTok.

Misalnya, fasilitator dapat menampilkan satu slide presentasi berisikan kalimat “gimana ya aku …” dan peserta dapat menebak kalimat selanjutnya melalui kolom chat

Jawaban yang benar akan diungkapkan di slide selanjutnya yaitu “gimana ya aku jawabnya, gimana aku bisa jawab pertanyaan ini..” sesuai dengan trend video TikTok.

Permainan ini dapat menghibur para peserta serta dapat mengetes keaktifan peserta dalam bermedia sosial.

4. Tebak Tokoh

Jika acara Anda adalah suatu acara formal seperti workshop yang menghadirkan para profesional sebagai pembicara maka ide ice breaking online ini cocok untuk dilaksanakan.

Cara memainkannya sama dengan permainan tebakan lain tetapi dengan menunjukkan foto tokoh yang sesuai dengan tema acara yang sedang berlangsung.

Agar suasana lebih meriah, para fasilitator dapat memotong beberapa bagian foto sehingga para peserta akan lebih merasa tertantang untuk menebak tokoh tersebut.

Misalnya, tokoh yang dipilih adalah Ridwan Kamil sebagai seorang politisi sekaligus tokoh arsitektur terkenal di Indonesia. 

Para fasilitator dapat menunjukkan bagian mata saja dan mempersilahkan para peserta untuk menebak nama dari tokoh tersebut.

5. Pick One

Permainan ini mengharuskan peserta untuk memilih satu di antara beberapa pilihan yang disediakan dan menyatakan alasannya.

Pick One sangat cocok untuk mengajak para peserta untuk berpikir kritis dan berdiskusi baik secara lisan maupun melalui kolom chat.

Permainannya dimulai dengan fasilitator yang memberikan suatu topik dengan dua pilihan atau lebih yang dirasa susah untuk dipilih oleh peserta. 

Untuk topik dan pilihan, fasilitator dapat menyesuaikannya dengan situasi dan tema acara yang diselenggarakan.

Jika acaranya cenderung informal, sebaiknya memilih topik dan pilihan yang ringan saja untuk membangun suasana yang rileks.

Tetapi, jika acaranya formal dengan menghadirkan para profesional, lebih baik menyesuaikan topik pick one dengan pilihan yang formal sesuai acara tersebut.

Peserta akan diberikan waktu maksimal 30 detik untuk memilih. Selanjutnya, para peserta diminta untuk mengutarakan pilihan disertai alasannya.

Misalnya untuk acara informal, fasilitator dapat memberikan dua pilihan seperti makan nasi tanpa lauk seumur hidup atau makan lauk tanpa nasi seumur hidup.

Setelah 30 detik, peserta diminta untuk menjawab dan memberikan alasannya melalui kolom chat. 

Jawaban dan alasan peserta biasanya mengandung unsur candaan yang bisa membangkitkan suasana.

6. Sambung Cerita

Permainan ini dapat mengajak peserta untuk menunjukkan kreativitasnya melalui kolom chat.

Untuk memainkannya, peserta harus melihat huruf terakhir dari kata yang telah disebutkan sebelumnya. Para peserta akan diberikan waktu sekitar 10 detik untuk memikirkan kata selanjutnya.

Jadi, fasilitator akan memberikan satu kata dengan tema tertentu dan para peserta akan dipanggil satu persatu untuk melanjutkan kata tersebut pada kolom chat untuk menghindari tercampurnya jawaban.

Setelah seluruh peserta telah berhasil menyambung kata maka suatu kalimat akan terbentuk.

Misalnya, tema yang dipilih adalah kegiatan sehari-hari. Kata pertama yang disebutkan adalah “pagi” dengan akhiran huruf “i”.

Peserta selanjutnya wajib menyebutkan kata yang dimulai dengan huruf “i” untuk melanjutkan kalimatnya. Misalnya kata “íbu” dan peserta lain akan melanjutkan kata tersebut hingga terbentuk suatu kalimat.

7. One Word

Pada permainan ini peserta diminta untuk memperkenalkan dirinya hanya dengan satu kata saja. Permainan ini dapat dilakukan secara lisan maupun pada kolom chat.

Mengingat jumlah peserta yang banyak pada suatu acara online, permainan ini dapat mempersingkat sesi perkenalan. 

Permainan ini juga dapat memberikan kesempatan bagi peserta untuk bebas mengungkapkan idenya.

Jadi, para peserta diminta untuk mengetik satu kata saja di kolom chat yang dapat mendeskripsikan dirinya. 

Para peserta maupun fasilitator dapat melihat kreativitas peserta lain untuk mendeskripsikan dirinya. 

Umumnya, permainan ini akan berisi komentar lucu dari para peserta yang dapat membangun semangat acara.

8. Mimpi Masa Kecil

Ide ice breaking online ini memfasilitasi para peserta untuk saling berkenalan tanpa adanya rasa canggung.

Jika acara akan berlangsung selama beberapa hari dan para peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok, permainan ini dapat menjadi alternatif untuk membangun interaksi antar peserta.

Pada permainan ini, peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok di breakout room, Selanjutnya peserta akan diberikan waktu maksimal 10 menit per kelompok untuk bermain.

Cara bermainnya adalah para peserta akan diminta untuk menyebutkan 3 ciri khas dari mimpi yang dimiliki ketika kecil secara lisan dan bergiliran atau bisa juga melalui kolom chat.

Mimpi yang dimaksud dapat berupa pekerjaan impian atau negara yang ingin dituju bahkan kondisi kesehatan maupun financial yang diharapkan.

Misalnya, seorang peserta memberikan petunjuk tentang pekerjaan impiannya. Petunjuk yang diberikan adalah memiliki seragam, bekerja untuk pemerintah di seluruh area Indonesia, paling banyak peminatnya ketika tes masuk. 

Setelah selesai memberikan petunjuk, peserta lain dapat menebak pekerjaan apa yang diimpikan oleh peserta tersebut.

9. Fun Fact 

Ide ice breaking online ini juga memfasilitasi para peserta untuk saling berkenalan tetapi dengan cara yang seru.

Cara bermainnya yaitu para peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok oleh fasilitator dan dimasukkan dalam beberapa breakout room

Setelah berkumpul, para peserta dipersilahkan untuk menyebutkan 3 hal unik tentang dirinya.  Hal unik dapat berupa makanan yang tidak disukai, lagu kesukaan, hobi bahkan kebiasaan unik.

Ketika semua peserta telah menyampaikan fun fact-nya, para fasilitator akan menunjuk peserta untuk menyebutkan hal unik yang dimiliki peserta tertentu. 

Pada permainan ini peserta diharuskan untuk memperhatikan peserta lain ketika mengutarakan 3 hal uniknya.

Dengan menyelipkan sesi fun fact, para peserta tidak merasa canggung dan dapat bekerja sama untuk sesi acara selanjutnya.

10. Harapan dan Ketakutan

Ide ice breaking online ini dapat mempererat hubungan antar peserta karena pada permainan ini peserta diharapkan untuk berbagi harapan dan ketakutannya.  Harapan dan ketakutan ini dapat disesuaikan dengan konteks acara.

Sebagai contoh, jika acara yang digelar adalah sebuah webinar tentang psikologi maka peserta dapat berbagi harapan dan ketakutannya yang terkait dengan kesehatan mental.

Pada permainan ini fasilitator diminta untuk membuat suatu formulir di google form untuk menampung pendapat para peserta. 

Sifat formulir ini adalah anonymous. Maksudnya, fasilitator tidak akan menyebutkan alamat email atau nama dari pemilik catatan ketika membacakan catatan tersebut.

Cara bermainnya, para peserta akan diminta untuk mengisi formulir yang berisi pertanyaan terkait harapan dalam kurun waktu 1 tahun kedepan disertai dengan ketakutan yang dimiliki terkait harapan tersebut.

Para peserta akan diberikan waktu maksimal 5 menit untuk menjawab pertanyaan yang tertera di formulir.

Setelah para peserta mengisi formulir yang disediakan, para fasilitator akan membacakan beberapa jawaban untuk bahan diskusi dengan peserta lain.

Para peserta lain juga dapat berbagi saran untuk mencapai harapan atau untuk mengatasi ketakutan yang dimiliki oleh pengirim formulir tersebut.

11. Where In The World Game

Permainan ini sangat cocok dimainkan pada acara workshop maupun webinar karena memberikan informasi yang luas terkait ciri khas suatu tempat.

Cara bermainnya sangat mudah yaitu para peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok di breakout room. 

Setelah itu para peserta dipersilahkan untuk memilih 1 tempat yang berkaitan dengan konteks acara. 

Lalu, peserta akan diminta untuk memberikan 3 petunjuk tentang tempat itu dan peserta yang lain harus menebak dimana tempat itu berada.

Misalnya, topik workshop yang digelar tentang perusahaan startup dan salah satu peserta memilih kota San Fransisco. 

Peserta tersebut akan memberikan petunjuk seperti salah satu kota di Amerika, asal google dan kota tersebut terdiri dari 2 suku kata.

Setelah memberikan petunjuk maka peserta lain dapat mencoba untuk menebak tempat tersebut. 

Permainan ini akan dilakukan secara bergantian sesuai urutan yang ditentukan oleh fasilitator. Durasi permainan ini maksimal 10 menit agar tidak mengulur waktu acara.

12. Simon Says

Permainan simon says ini sangat mudah untuk dilakukan karena tidak membutuhkan alat apapun.

Untuk memainkan simon says, para fasilitator hanya membutuhkan daftar kegiatan yang akan dibacakan secara lisan dan tentu saja koneksi internet yang baik.

Untuk memainkannya, para fasilitator akan meminta seluruh peserta untuk on camera lalu fasilitator akan memberikan perintah yang sederhana yang harus diikuti oleh para peserta.

Jika fasilitator menyebutkan kata simon says di awal perintahnya maka para peserta harus mengikuti perintah tersebut. 

Tetapi, jika fasilitator tidak menyebutkan kata simon says maka peserta tidak boleh mengikuti perintah tersebut.

Permainan ini murni bertujuan untuk memecah kejenuhan peserta saat mengikuti acara daring karena para peserta diajak untuk bergerak dengan mengikuti perintah serta menguji tingkat fokus peserta.

Sebagai contoh, ketika fasilitator menyebutkan simon says pegang kepala” maka seluruh peserta wajib untuk memegang kepala mereka. 

Sedangkan, ketika fasilitator hanya menyebutkan “angkat buku ke arah kamera” maka para peserta yang mengangkat buku dan menunjukkannya ke kamera dianggap gagal.

Seluruh ide ice breaking online ini dapat Anda gunakan dan variasikan sesuai dengan acara yang akan Anda selenggarakan.
Hal yang perlu diingat adalah jangan sampai sesi ice breaking berlangsung lebih lama dari acara inti yang akan diselenggarakan. Bagilah waktu yang sesuai dengan durasi dan susunan acara yang Anda buat.

Penulis: Resha Naura
Editor: Kurnia Alif

Post Terbaru

  • MAXIMA 2022

  • OPTIMALKAN MOMENTUM PEMULIHAN SEKTOR PARIWISATA, GARUDA INDONESIA KEMBALI GELAR GATF 2022, HADIRKAN POTONGAN HARGA HINGGA 80%

  • TEROBOSAN! Wahid Foundation Luncurkan Modul Panduan Kontra Narasi dan Narasi Alternatif Toleransi dan Perdamian

  • Dimeriahkan oleh Berbagai Lineup dan Tiga Area Interaktif di Dalamnya, Playfest 2021 Capai 150 Ribu Visitor

Leave a Reply

Your email address will not be published.