5 Ide Team Building Online saat Kerja di Rumah

 5 Ide Team Building Online saat Kerja di Rumah
Share To:

Ide Team Building Online – Pandemi Covid-19 belum usai, sebagian orang mungkin masih harus remote working dari rumah. Meski tidak bertemu secara langsung, kerja sama tim tetap diperlukan agar mendapat hasil yang maksimal.

Menjaga teamwork agar tetap kompak selama masa pandemi bukan hal yang mudah, baik dalam lingkungan kerja, organisasi, atau suatu kepanitiaan. 

Seringkali kita menemukan anggota tim yang bermasalah seperti tidak ada kabar, kehilangan motivasi kerja, kesulitan secara teknis, dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang sudah berada di level manajer atau pimpinan inti dalam organisasi, Anda perlu mencari cara dan mengatur agar tim tetap solid, salah satunya dengan melakukan team building

Selain untuk mempererat hubungan, team building juga dapat menjadi kegiatan refreshing di tengah jenuhnya bekerja secara daring.

5 Ide Team Building Online saat Work From Home (WFH)

Mini Games

Tidak perlu memikirkan games yang ribet, ada banyak lho permainan sederhana yang bisa dilakukan melalui video meeting

Anda bisa mencoba tebak gambar dengan memanfaatkan fitur whiteboard dan share screen, tebak lagu dengan membacakan liriknya tanpa nada, atau tebak kata dalam kategori tertentu dengan menggunakan bahasa tubuh. 

Supaya permainan semakin seru, bagilah peserta dalam beberapa tim. Skor setiap tim akan dicatat, pemenangnya akan diberikan hadiah pada akhir sesi berupa saldo dompet digital. 

Cara ini dijamin akan meningkatkan antusias teman-teman lho, siapa sih yang nggak mau hadiah?

Baca juga: Campaign Volunteer Ngapain Aja? Ketahui Arti dan Tugasnya

Appreciation Day

Dalam satu bulan, para karyawan pasti mengadakan rapat setidaknya satu kali. Kalau hanya membahas pekerjaan dari awal hingga akhir, tentu sangat membosankan. 

Apalagi jika banyak hal yang harus diselesaikan saat itu juga. Untuk mencegah turunnya semangat anggota tim ketika mengikuti rapat, selipkan setidaknya hari apresiasi satu kali dalam sebulan di akhir sesi rapat. 

Tim HR tentu harus menambah pekerjaan untuk membuat nominasi-nominasi yang menarik untuk diapresiasi selama satu bulan tersebut, seperti staf terbaik, staf tersibuk dan lain-lain.

Dengan cara ini, anggota tim akan lebih semangat dan menunggu hari saat dia diapresiasi.

Deep Sharing

Kegiatan ini merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang mau mengenal satu sama lain lebih dalam. 

Deep sharing terbukti menciptakan kedekatan antar anggota tim, sehingga ikatan antar karyawan akan semakin kuat. Kegiatan ini dimulai dengan memperkenalkan diri secara mendalam dan berbagi pengalaman serta perasaan masing-masing. 

Selanjutnya, Anda bisa menentukan format yang disepakati bersama dalam sesi deep sharing ini, seperti hobi, evaluasi diri yang ingin diperbaiki, pandangan Anda terhadap anggota tim lain, sampai bicara tipe pasangan. 

Supaya lebih berkesan, setiap anggota harus memberi feedback berupa pertanyaan atau tanggapan apapun kepada orang yang sedang sharing.

Kelompok Seni

Setiap orang pasti hidup berdampingan dengan seni, seperti musik, film, gambar, sastra dan lain sebagainya. Anda dapat membuat sesi khusus dimana setiap anggota tim membahas atau menceritakan karya seni favorit atau buatannya sendiri. 

Tidak jauh berbeda dengan deep sharing, setiap orang diberikan kesempatan untuk berbicara dan memaparkan karya seni yang ingin mereka bahas. 

Sebagai contoh, temanmu membahas lukisan karya pribadinya dan menceritakan makna serta seluk beluk pembuatan lukisan tersebut, atau Anda membahas film yang baru ditonton akhir-akhir ini dan menceritakan kesannya terhadap film tersebut.

Baca juga: Contoh Publikasi Event Melalui Media Sosial

Mabar Game Online Dengan Discord

Istilah mabar atau main bareng sudah tidak asing di telinga. Namun, mabar tidak akan asik tanpa suara dari obrolan teman lain. Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi yang bernama discord.

Discord adalah aplikasi pesan suara, ini sering digunakan sebagai media komunikasi saat bermain game online

Tidak harus jago bermain game seperti Mobile Legends, PUBG atau Valorant. Anda juga bisa menggunakan discord saat bermain game sederhana seperti Gartic, Among Us, Werewolf dan lainnya. Tidak ada salahnya kan sekali-sekali meluangkan waktu untuk main game bareng rekan kerja?

Sebagai tips tambahan, carilah moderator team building yang asyik dan pandai memimpin percakapan. 

Selain itu, pemilihan waktu dan durasi team building merupakan hal penting yang perlu dipertimbangkan. Jangan sampai salah memilih waktu dan durasi yang terlalu lama agar peserta tidak bosan atau sibuk sendiri.

Itulah ide team building online yang dapat Anda coba selama Work From Home (WFH). Apakah Anda tertarik melakukannya? Jika punya ide team building online lainnya, komentar di bawah, ya!

Penulis: Annisa Aprilia
Editor: Kurnia Alif

Post Terbaru

  • Griyasis, Dukung Percepatan Teknologi Lewat Pengadaan Server dan IT Solution

  • Gandeng LOKET, Kreator Drive-in Senja Luncurkan Wahana Live Experience Baru “Dunia Mencekam”, Hadirkan Pop-Culture Horror Jepang Era Kini

  • TEROBOSAN! Wahid Foundation Luncurkan Modul Panduan Kontra Narasi dan Narasi Alternatif Toleransi dan Perdamian

  • Dimeriahkan oleh Berbagai Lineup dan Tiga Area Interaktif di Dalamnya, Playfest 2021 Capai 150 Ribu Visitor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *