Jenis-Jenis Content Marketing untuk Kembangkan Bisnis

 Jenis-Jenis Content Marketing untuk Kembangkan Bisnis
Share To:

Jenis-Jenis Content Marketing – Content Marketing merupakan upaya dimana Anda memperkenalkan produk dan layanan yang ditawarkan dari bisnis Anda kepada khalayak umum melalui konten-konten menarik yang dipublikasikan di berbagai platform media sosial.

Content Marketing sendiri mampu mengembangkan bisnis Anda secara efektif tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu mahal, hal ini juga menjadi metode yang gencar dilakukan oleh para pebisnis saat ini akibat situasi pandemi yang tak kunjung berakhir. 

Jenis-Jenis Content Marketing 

Terdapat beberapa jenis Content Marketing yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis Anda. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

  1. Blog atau Website 

Anda bisa menulis artikel-artikel, infografis, dan berita terkini yang masih relevan dengan ranah bisnis Anda. 

  1. Media Sosial

Melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, Tiktok, dan sebagainya, bisa juga membuat publikasi berupa feeds, story, maupun video yang menarik. Media sosial merupakan cara yang paling banyak digunakan karena lebih mudah untuk menyebarluaskan konten-konten yang ada. 

  1. Youtube 

Jika Anda berkeinginan untuk membuat video yang durasinya lebih panjang dan lebih lengkap, bisa menggunakan Youtube sebagai sarana dari pemasaran bisnis Anda. 

  1. Email 

Email memungkinkan Anda untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Anda bisa mengirim sapaan kepada pelanggan dan mencantumkan promo dari bisnis Anda sehingga dapat menarik perhatian target audiens untuk mengunjungi media sosial atau website Anda.  

  1. Testimonials 

Mencantumkan testimoni-testimoni dari pelanggan di media sosial atau website bisnis Anda juga bisa menarik perhatian calon pelanggan. Dengan banyaknya testimoni positif dari pelanggan sebelumnya, hal ini bisa meyakinkan pelanggan baru untuk menggunakan produk atau layanan Anda. 

  1. Influencer 

Hampir mirip dengan testimonials, influencer juga dapat memberikan review secara langsung terhadap produk maupun layanan Anda. Konten yang biasa dibuat oleh influencer bisa berupa foto maupun video yang dikemas dengan gaya para influencer.

Influencer mampu mendorong pengikutnya untuk mengunjungi halaman Anda serta meningkatkan keyakinan pengikutnya untuk membeli produk Anda. Terlebih lagi, hasil review dari influencer juga bisa menaikkan engagement rate Anda. 

Setelah mengetahui apa saja jenis Content Marketing, ada baiknya Anda menyiapkan perencanaan konten untuk bisnis Anda dengan memperhatikan beberapa faktor agar konten yang Anda buat bisa tersampaikan kepada target audiens Anda dan mampu meningkatkan ketertarikan mereka untuk menggunakan produk maupun layanan yang Anda tawarkan.

Selain menentukan target pemasaran Anda, Anda juga harus bisa merencanakan strategi yang tepat dalam pembuatan konten. Berikut merupakan jenis-jenis konten yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda!

Baca juga: Cara Membuat Strategi Digital Marketing yang Tepat

Kunci untuk Konten yang Lebih Menarik

  1. Entertain

Anda bisa membuat konten yang bertujuan untuk menghibur. Walaupun konten-konten tersebut tidak secara langsung berkaitan dengan produk maupun layanan yang Anda tawarkan, konten yang menghibur harus bisa menjadi relatable bagi target audiens Anda sehingga mampu menarik perhatiannya. Contoh konten hiburan antara lain berupa meme, trend, games, kuis, dan giveaway

  1. Educate 

Anda bisa membuat konten yang memberikan informasi dan bertujuan untuk mengedukasi target audiens Anda. Selain membuat konten yang informatif mengenai produk atau layanan Anda, Anda juga bisa membuat konten berupa infografis, fun facts, trend analysis, atau bertita terkini. 

  1. Inspire

Konten yang menginspirasi tidak harus berupa quotes dari tokoh yang inspiratif, Anda juga bisa menceritakan kegagalan atau perjalanan seseorang yang bisa membangun motivasi target audiens Anda. Selain itu, bisa juga memasukan testimoni dari produk atau layanan Anda. 

  1. Convince 

Konten bersifat persuasif (ajakan) juga sangat diperlukan yang mana hal ini menjadi dorongan bagi target audiens untuk menggunakan produk maupun layanan dari bisnis Anda. Contoh kontennya antara lain berupa video demo. 

Perencanaan konten untuk meningkatkan brand awareness Anda juga merupakan hal yang tidak bisa dilewatkan dalam merencanakan strategi digital marketing Anda.

Anda perlu mempertimbangkan jenis konten yang ingin Anda buat agar bermanfaat, relevan, dan unik sehingga mampu menarik target audiens untuk menggunakan produk maupun layanan dari bisnis Anda.

Baca juga: 12 Cara Meningkatkan Brand Awareness di Instagram

Mengikuti trend serta mempelajari perkembangan media sosial juga sangat penting untuk membantu proses perencanaan strategi pemasaran Anda. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam merencanakan content marketing dari bisnis Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Digital Marketing, Event, dan tips-tips lainnya, Anda bisa mengunjungi eventjournal.id

Penulis: Anargya Dafnie Athaya
Editor: Kurnia Alif

Post Terbaru

  • MAXIMA 2022

  • OPTIMALKAN MOMENTUM PEMULIHAN SEKTOR PARIWISATA, GARUDA INDONESIA KEMBALI GELAR GATF 2022, HADIRKAN POTONGAN HARGA HINGGA 80%

  • TEROBOSAN! Wahid Foundation Luncurkan Modul Panduan Kontra Narasi dan Narasi Alternatif Toleransi dan Perdamian

  • Dimeriahkan oleh Berbagai Lineup dan Tiga Area Interaktif di Dalamnya, Playfest 2021 Capai 150 Ribu Visitor

Leave a Reply

Your email address will not be published.