Manfaat Coffee Break dan Artinya

 Manfaat Coffee Break dan Artinya
Share To:

Manfaat Coffee Break — Tahukan Anda kalau minum kopi di sela-sela produktivitas ternyata memiliki banyak manfaat, lho! Kegiatan ini biasa dikenal dengan sebutan coffee break.

Seiring berjalannya waktu semakin banyak coffee shop yang muncul dan semakin banyak juga masyarakat yang melakukan kegiatan ini, lantas apa saja keuntungan dari coffee break yang bisa Anda dapatkan? Yuk! Simak penjelasan dibawah ini.

Apa itu Coffee Break?

Seperti namanya, coffee break merupakan aktivitas dimana Anda mengambil jeda di sela-sela produktivitas Anda untuk meminum kopi dan rileks. Anda juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti berbincang dengan rekan kerja, membaca buku, atau mendengarkan lagu sembari ditemani oleh secangkir kopi.

Aktivitas ini tidak harus dilakukan di coffee shop, Anda juga bisa menikmatinya di tempat lain seperti rumah maupun kantor. Pastinya sebagian besar telah menjadikan aktivitas ini sebagai salah satu rutinitas mereka dan ternyata Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari melakukan kegiatan ini.

Manfaat dari Coffee Break

  1. Mengurangi stress dan meningkatkan produktivitas

Mengonsumsi kafein mampu meningkatkan jumlah dopamin dalam tubuh Anda dan meminimalisir burnout. Dopamin sendiri juga dikenal sebagai hormon yang bisa mengendalikan emosi, dengan jumlah dopamin yang tepat, hal ini bisa membuat Anda lebih senang dan semangat, oleh karena itu produktivitas Anda juga bisa meningkat hanya dengan meminum secangkir kopi. 

Baca juga: Mengenal Virtual Support Group Kesehatan Mental

  1. Mempererat hubungan dengan rekan kerja

Membangun sebuah hubungan yang baik dengan rekan-rekan kerja Anda bisa diawali dengan melakukan coffee break bersama. Selain menciptakan atmosfer yang menyenangkan, Anda juga bisa berbincang dan saling mengenal lebih dalam dengan satu sama lain ditemani oleh secangkir kopi.

Dengan terciptanya suasana yang lebih hangat dalam lingkungan kerja, maka hal ini bisa membawa pengaruh positif terhadap kinerja Anda semua sebagai sebuah tim. 

  1. Meningkatkan fokus dan kemampuan untuk mengingat

Ternyata minum kopi juga dapat meningkatkan fokus serta daya ingat Anda, lho! Menurut John Hopkins University, mengonsumsi 200mg kafein sudah lebih dari cukup untuk membantu Anda lebih fokus.

  1. Bermanfaat bagi kesehatan

Terakhir, mengkonsumsi kafein juga bisa memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan Anda seperti pada penjelasan berikut ini!

  • Mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan mempercepat pembakaran lemak
  • Membuat Anda lebih berenergi 
  • Kopi mengandung beberapa nutrisi penting seperti potasium, magnesium, niacin, riboflavin, asam pantotenik, dan manganese
  • Mampu mengurangi resiko terkena diabetes atau stroke
  • Mampu melindungi Anda dari alzheimer atau demensia
  • Mencegah ataupun melawan depresi

Itu lah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari coffee break, maka dari itu tidak heran jika kegiatan ini telah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang.

Kalau Anda sedang merasa lelah ataupun demotivasi, tidak ada salahnya bila Anda rehat sejenak untuk menikmati secangkir kopi yang mampu mengembalikan semangat Anda, tetapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi kafein karena hal ini bisa memberikan efek samping seperti anxiety ataupun penyakit pencernaan.

Untuk mengetahui info menarik lainnya dapat Anda lihat pada kolom blog eventjournal.id, ya!

Penulis: Anargya Dafnie Athaya
Editor: Kurnia Alif

Post Terbaru

  • MAXIMA 2022

  • OPTIMALKAN MOMENTUM PEMULIHAN SEKTOR PARIWISATA, GARUDA INDONESIA KEMBALI GELAR GATF 2022, HADIRKAN POTONGAN HARGA HINGGA 80%

  • TEROBOSAN! Wahid Foundation Luncurkan Modul Panduan Kontra Narasi dan Narasi Alternatif Toleransi dan Perdamian

  • Dimeriahkan oleh Berbagai Lineup dan Tiga Area Interaktif di Dalamnya, Playfest 2021 Capai 150 Ribu Visitor

Leave a Reply

Your email address will not be published.