Perbedaan Drip dan Newsletter dalam Email Marketing

 Perbedaan Drip dan Newsletter dalam Email Marketing
Share To:

Perbedaan Drip dan Newsletter – Ketatnya persaingan bisnis saat ini mengharuskan para pemilik usaha untuk membuat terobosan baru pada strategi pemasaran produknya.

Salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah email marketing. Dengan menggunakan  email marketing para pemilik usaha dapat membangun koneksi dengan calon pelanggan secara personal.

Tetapi apa sebenarnya email marketing itu? Jadi, email marketing adalah kegiatan promosi digital kepada sekelompok orang yang memiliki potensi menjadi pelanggan tetap atau calon pelanggan melalui media email.

Terdapat 2 jenis email marketing yang paling sering digunakan oleh para pemilik usaha yaitu newsletter dan drip email

Apa sih pengertian serta perbedaan drip dan newsletter? Yuk, simak lebih lanjut!

PENGERTIAN NEWSLETTER DAN DRIP EMAIL

Newsletter

Newsletter adalah suatu email yang berisi pemberitahuan terkait berita baru dari suatu perusahaan yang ditujukan pada pelanggannya.

Untuk menentukan penerima dari newsletter, pihak perusahaan akan melakukan pengecekan pada subscriber list, yaitu pelanggan yang telah mendaftarkan alamat email-nya pada website maupun toko dari perusahaan tertentu.

Para pelanggan tersebut telah menyetujui pilihan pengiriman newsletter (subscribe) dari perusahaan yang akan dikirimkan secara rutin.

Pelanggan akan tetap mendapatkan kiriman newsletter jika pelanggan tersebut tidak memilih pilihan berhenti mengikuti kiriman newsletter  (unsubscribe) dari perusahaan tersebut.

Jadi ketika pelanggan sering berbelanja di suatu toko, khususnya toko online, secara berkala pelanggan akan mendapatkan newsletter email sebagai salah satu strategi pemasaran perusahaan.

Drip Email

Drip email adalah suatu email yang lebih banyak berisi konten informasi daripada promosi terkait suatu perusahaan.

Strategi pemasaran ini dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk membuat drip email, para pemilik usaha perlu menyiapkan konten yang cenderung informatif yang akan dikirimkan dari waktu ke waktu.

Pada umumnya, drip email berisi informasi terkait produk perusahaan dalam bentuk pesan singkat. 

Misalnya, ketika seorang pelanggan memutuskan untuk mendaftarkan diri pada sebuah website yang membahas tentang digital marketing maka selama beberapa hari pelanggan tersebut akan menerima drip email.

Isi dari drip email tersebut dapat berupa tata cara singkat tentang penggunaan fitur website bahkan informasi ringkas berkaitan dengan topik yang dibahas pada website tersebut.

Dalam drip email, para pemilik perusahaan biasanya juga memperhatikan pelanggan yang memiliki potensi menjadi pelanggan tetap tetapi belum juga melakukan transaksi.

Melihat kondisi tersebut maka sebuah drip email yang berisi promosi tentang keuntungan menjadi pelanggan tetap akan dikirimkan secara personal.

PERBEDAAN NEWSLETTER DAN DRIP EMAIL

Setelah Anda memahami pengertian dari newsletter dan drip email, kini saatnya tim eventjournal.id membahas mengenai perbedaan newsletter dan drip.

Jika membahas tentang perbedaan yang dimiliki oleh newsletter dan drip email yang paling umum terbagi menjadi 3 poin yaitu sebagai berikut:

  1. Penerima

Pada umumnya, newsletter dan drip email akan dikirim oleh suatu sistem otomatis yang dapat menyebarkan email tersebut dalam waktu yang sama.

Penerima newsletter adalah orang-orang yang telah berlangganan dengan memencet tombol subscribe pada pilihan pengiriman newsletter pada website maupun aplikasi perusahaan.

Jadi, pelanggan newsletter seringkali tidak mencangkup seluruh pelanggan dari suatu perusahaan. 

Terdapat pengecualian pada topik ini yaitu jika suatu perusahaan tersebut mengharuskan pelanggan untuk berlangganan newsletter. 

Terdapat beberapa website maupun aplikasi yang secara otomatis menyetujui pengiriman newsletter ketika pelanggan tersebut mendaftarkan diri.

Mengacu pada pengecualian tersebut maka seluruh pelanggan dari perusahaan tersebut akan mendapatkan newsletter yang dikirim melalui email.

Para pelanggan yang telah berlangganan newsletter akan tetap menerima email berisi newsletter secara bertahap, khususnya pada hari tertentu, misalnya saat acara diskon serentak digelar pada suatu platform penjualan online.

Pengiriman newsletter akan terhenti jika pelanggan memutuskan untuk berhenti berlanggan dari perusahaan tersebut dengan memilih pilihan unsubcribe pada salah satu email newsletter yang diterima.

Sedangkan untuk penerima drip email mencakup seluruh pelanggan yang mendaftarkan diri pada suatu aplikasi atau website perusahaan.

Drip email dapat disebut seperti pesan otomatis yang akan diterima pelanggan ketika pelanggan tersebut berhasil membuat akun pada aplikasi tertentu atau bahkan telah berhasil menyelesaikan transaksi pembayaran pada suatu toko online milik perusahaan.

Pada drip email, para pelanggannya akan tetap menerima konten informatif secara berkala walaupun pelanggan tidak melakukan transaksi apapun atau jarang menggunakan aplikasi tersebut.

Jika dilihat dari segi penerima, drip email lebih bersifat umum daripada newsletter email yang bergantung pada pelanggan yang berlangganan.

  1. Waktu Pengiriman

Jika membahas jangka waktu pengiriman kedua email untuk strategi pemasaran ini, tidak terdapat perbedaan yang besar karena keduanya dikirimkan secara rutin..

Untuk newsletter, jangka waktu pengirimannya seringkali tidak bisa ditebak kecuali pihak perusahaan telah menetapkan jadwal tertentu untuk pengiriman newsletter tersebut.

Pada umunya, newsletter akan dikirimkan jika terdapat produk, fitur maupun layanan baru yang dirilis oleh perusahaan. 

Atau jika terdapat beberapa fitur yang kurva penggunaannya telah menurun, maka newsletter akan dikirim untuk mengingatkan pelanggan bahwa fitur tersebut masih dapat digunakan.

Frekuensi pengiriman newsletter akan lebih besar jika mendekati hari penting. Misalnya, saat hari jadi perusahaan dan terdapat diskon besar pada produk yang dijual.

Dengan mengirimkan newsletter yang berisi pilihan produk yang akan diberi diskon maka pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli produk.

Untuk drip email karena konten yang disebarkan seringkali merupakan konten berkelanjutan maka susunan waktunya lebih terjadwal.

Drip email akan dikirim pada kali pertama pelanggan mendaftarkan diri pada suatu aplikasi dan biasanya beberapa hari kemudian, pelanggan akan menerima satu drip email lagi yang berisi informasi singkat terkait aplikasi tersebut.

Konten yang konsisten dan berkelanjutan ini sempurna untuk meningkatkan ketertarikan pelanggan pada fitur dan layanan yang tersedia. 

Hal ini mengarah pada keaktifan pelanggan untuk menggunakan aplikasi tersebut.

  1. Isi

Isi dari newsletter pada umumnya adalah promo produk, voucher diskon, survei hingga informasi tentang produk atau perusahaan.

Selanjutnya, isi dari email tersebut dapat berupa fitur terbaru yang telah dirilis pada suatu aplikasi perusahaan  hingga artikel blog atau sekilas isi dari katalog perusahaan.

Dalam email newsletter biasanya dicantumkan beberapa foto dan harga dari produk terbaru.

Informasi yang dimasukkan pada newsletter adalah informasi terbaru yang relevan dengan pelanggan.

Oleh karena itu, pihak perusahaan akan menyesuaikan isi dari newsletter dengan apa yang ingin dicapai perusahaan.

Misalnya, jika mendekati musim dingin maka isi dari newsletter adalah promosi produk terbaru untuk musim dingin. 

Atau ketika perusahaan tersebut telah membuka toko pada suatu platform online marketing baru, maka informasinya akan disebarkan melalui newsletter.

Baca juga: 3 Tools Untuk Social Media Specialist yang Wajib Ada

Berikut contoh dari newsletter:

contoh newsletter email

Pada gambar pertama, informasi terkait produk terbaru yang dirilis oleh brand Marks & Spencer telah tersedia di toko online Zalora. 

Pada isi newsletternya, Zalora menambahkan informasi harga dan varian yang tersedia dari produk terbaru Marks &Spencer tersebut.

Newsletter ini kemungkinan besar dikirim kepada seluruh pelanggan maupun calon pelanggan yang telah berlangganan newsletter dari Zalora pada waktu yang sama.  

Sedangkan pada gambar kedua, Zalora mengirimkan informasi tentang diskon yang sedang berlangsung pada aplikasi Zalora dalam kurun waktu dan minimum pembelian tertentu beserta kode untuk mengakses diskon tersebut.

Isi dari newsletter yang tercantum pada contoh diatas adalah yang paling sering digunakan oleh suatu perusahaan. 

Kini waktunya beralih ke isi dari drip email. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, isi dari drip email cenderung informatif dimana perusahaan lebih berfokus untuk membantu para pelangganya.

Isi dari drip email pada umumnya sebagai berikut:

  1. Welcome email

Ketika seorang pelanggan baru saja memencet tombol subscribe pada blog atau aplikasi perusahaan maka drip email secara otomatis akan terkirim untuk menyambut pelanggan baru tersebut.

  1. Follow-up information 

Berisi perkenalan tentang perusahaan dan produk yang dijual. 

Pada jenis konten ini, pihak perusahaan akan memberikan penjelasan singkat tentang tujuan, visi dan misi serta platform apa saja yang digunakan oleh perusahaan untuk menjual produknya

  1. Abandoned Shopping Carts

Fenomena yang sering terjadi adalah pelanggan telah memilih produk yang ingin dibeli pada keranjang belanjanya tetapi tidak segera melakukan transaksi dan pada akhirnya terlupakan.

Drip email dapat dikirim untuk mengingatkan pelanggan bahwa barang tersebut masih tersedia sehingga pelanggan akan terpicu untuk melanjutkan transaksi yang telah tertunda.

Dari beberapa isi drip email diatas, email yang berisi konten edukasi, konten hiburan dan konten informatif terkait relasi perusahaan dan kehidupan sehari-hari adalah jenis konten yang paling diminati daripada email yang berisi promosi produk.

Baca juga: Jenis-Jenis Content Marketing untuk Kembangkan Bisnis

Jenis konten tersebut telah terbukti dapat membangun kepercayaan pengguna secara bertahap pada perusahaan sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan produk di masa depan.

     Berikut contoh dari drip email:

contoh drip email

Contoh diatas adalah isi dari drip email yang dikirimkan oleh Bank Jenius- BTPN yang berisi sebuah tips sederhana untuk konsumennya. 

Tips tersebut berisi saran untuk mengatur keuangan pengguna dengan menghindari belanja yang berlebihan pada suatu toko online.

Dalam drip email tersebut disisipkan sebuah karikatur yang mewakili perilaku pengguna pada waktu belanja tertentu misalkan pada tanggal 10.10 yang biasanya hampir semua platform penjualan online melakukan diskon besar-besaran.

Selain itu, kalimat yang sederhana dan eye-catching dipilih untuk membangun citra dan koneksi yang sesuai dengan mayoritas penggunanya. 

Contoh drip email tersebut juga mencantumkan sebuah promosi terkait fitur Jenius Pay yang tersedia pada aplikasi Bank Jenius- BTPN.

Taktik ini sangat efektif untuk meningkatkan jumlah pengguna dengan cara mengingatkan pengguna untuk aktif menggunakan layanan yang tersedia pada aplikasi Jenius.

drip email

Pada gambar diatas adalah sebuah drip email yang dikirim oleh Canva yang berisi saran kegiatan yang dapat dilakukan pengguna ketika menggunakan aplikasi Canva.

Isi dari drip email tersebut menganjurkan para pengguna yang telah membuat desain di Canva untuk membangun sebuah tim yang dapat diajak untuk berkolaborasi.

Tentu saja, fitur kolaborasi desain secara tim ini telah disediakan oleh Canva dan bertujuan untuk menggaet lebih banyak calon pelanggan untuk menggunakan aplikasi Canva.

Selain memberikan ide kegiatan yang dapat dilakukan oleh pengguna, Canva juga menyatakan rangkaian keuntungan yang dapat diraih jika melakukan kolaborasi dengan pengguna lainnya.

Jenis drip email seperti contoh diatas akan diterima oleh pengguna dalam jangka waktu tertentu dan secara otomatis akan dikirimkan oleh perusahaan.

Konten yang terdapat pada drip email umumnya bervariasi dan tidak jarang merupakan suatu informasi berkelanjutan.

Maksudnya, jika drip email pertama yang diterima adalah informasi singkat terkait cara menggunakan suatu fitur dari suatu aplikasi edit foto maka kemungkinan besar pada drip email selanjutnya, pengguna akan menerima informasi terkait rekomendasi filter foto yang dapat gunakan.

MANFAAT MELAKUKAN EMAIL MARKETING

Dari penjelasan mengenai pengertian hingga perbedeaan newsletter dan drip diatas, lantas akan muncul pertanyaan, apakah melakukan strategi pemasaran melalui email cukup efektif sebagai suatu strategi pemasaran?

Dalam artikel ini tim eventjournal.id akan memberikan beberapa pertimbangan bagi Anda, pemilik usaha untuk memilih menggunakan email marketing atau tidak.

Anda dapat mempertimbangkan 3 poin berikut:

  1. Kesempatan Membangun Relasi Dengan Pelanggan

Dengan menggunakan email marketing, pemilik usaha dapat membangun citra perusahaan serta meningkatkan kepercayaan pelanggan pada produk yang dijual.

  1. Mempromosikan Produk Dengan Mudah

Email marketing dapat menjadi salah satu solusi untuk mencapai ekspektasi jumlah penjualan dari suatu perusahaan.

Ketika perusahaan merancang email marketing, usaha dan ide benar-benar harus difokuskan pada perancangan email tersebut sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak, perusahaan dan pelanggan.

Setelah perancangan selesai dan email terkirim, pihak perusahaan telah berhasil mempromosikan produk dengan efisien dan hemat waktu.

  1. Hemat Biaya Promosi dan Kreativitas Konten

Email marketing dapat meminimalisir biaya yang ditanggung oleh pihak perusahaan jika dibandingkan melakukan promosi secara manual seperti mengunggah iklan di papan reklame.

Tingkat responsif pelanggan juga lebih tinggi jika dibandingkan promosi secara manual. 

Selain itu, pihak perusahaan memiliki kebebasan dalam menentukan konten yang akan disebarkan, baik dari panjang konten maupun konteks dari konten yang dibuat.

Keuntungan email marketing ini memberikan keuntungan yang besar juga bagi pelanggan karena isi konten dari email marketing dapat disesuaikan dengan kecenderungan belanjanya. 

Itu dia penjelasan lengkap terkait perbedaan newsletter dan drip beserta manfaatnya yang perlu diketahui pemilik usaha. Semoga informasi yang telah dirangkum tim eventjournal.id dapat membantu Anda menentukan email marketing mana yang paling cocok untuk bisnis Anda!

Penulis: Resha Naura
Editor: Kurnia Alif

Post Terbaru

  • Griyasis, Dukung Percepatan Teknologi Lewat Pengadaan Server dan IT Solution

  • Gandeng LOKET, Kreator Drive-in Senja Luncurkan Wahana Live Experience Baru “Dunia Mencekam”, Hadirkan Pop-Culture Horror Jepang Era Kini

  • TEROBOSAN! Wahid Foundation Luncurkan Modul Panduan Kontra Narasi dan Narasi Alternatif Toleransi dan Perdamian

  • Dimeriahkan oleh Berbagai Lineup dan Tiga Area Interaktif di Dalamnya, Playfest 2021 Capai 150 Ribu Visitor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *