5 Soft Skill yang Harus Dimiliki Tahun 2021

 5 Soft Skill yang Harus Dimiliki Tahun 2021
Share To:

Soft Skill yang Harus Dimiliki – Tidak terasa tahun 2021 sudah hampir memasuki bulan kedelapan. Di tengah kondisi saat ini, kita dipaksa untuk mampu beradaptasi dengan cepat dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, kesehatan, sektor eknomi, hingga yang berhubungan dengan pekerjaan.

Kondisi pandemi yang membatasi interaksi langsung dalam skala menengah dan besar pun berdampak pada bagaimana perusahaan atau tempat kerja melakukan aktivitasnya. Dengan adanya pembaatasan pemusatan aktivitas di satu tempat, maka banyak tempat kerja yang menerapkan sistem WFH Work from Home) atau bekerja dari rumah.

Cara kerja WFH sendiri lebih bersifat remote di mana para tidak perlu datang ke kantor, tapi tentu saja assignment dari kantor harus tetap diselesaikan sesuai dengan deadline yang diberikan lho.

Nah, untuk di dunia kerja Indonesia, mungkin masih banyak dari kita yang terkadang masih asing dengan sistem ini. Hal ini juga bisa terjadi karena budaya kerja kita yang mayoritas selalu diwajibkan untuk datang ke tempat kerja.

Dengan kondisi pandemi yang belum kita tahu kapan akan selesai, maka bukan tidak mungkin bahwa sistem kerja remote masih akan dipertahankan untuk waktu yang lebih lama. Maka dari itu, tim dari eventjournal sudah merangkum 5 soft skill yang harus dikuasai untuk kamu yang belum dan sudah bekerja agar mempermudah adaptasi kamu. Yuk disimak!

Baca juga: Campaign Volunteer Ngapain Aja? Ketahui Arti dan Tugasnya

1. Adaptif

Bagi para Angkatan kerja yang terdampak pandemi, tentu saja kondisi saat ini adalah hal yang “sangat baru” dan mungkin saja belum pernah terbayangkan sebelumnya. Proses menyesuaikan diri di kondisi dan lingkungan yang baru tentu saja tidak bisa terjadi secara instan. Ada jangka waktu yang diperlukan agar produktivitas kita bisa kembali seperti sedia kala.

Namun, yang perlu digarisbawahi adalah jangan sampai proses penyesuaian diri di lingkungan yang baru memakan waktu yang lama sehingga akhirnya kita terlambat atau bahkan tidak mampu bertahan di tengah badai perubahan

Oleh karena itu, hal pertama yang harus diasah adalah kemampuan adaptasi yang cepat agar kita mampu mengimbangi berbagai perubahan yang semakin sulit diprediksi kapan akan datang.

2. Komunikasi

Teknologi yang ada saat ini memang bisa memberikan kemudahan bagi kita untuk tetap berkomunikasi tanpa perlu takut ada jarak yang menghalangi. Sudah banyak aplikasi berbasis telekomunikasi yang mempermudah kita menghubungi orang lain atau bahkan saling bertatapan melalui fitur video call.

Namun, tentu saja tata cara berkomunikasi langsung dengan berkomunikasi via media punya karakteristik yang berbeda. Oleh sebab itu, kamu perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, entah itu secara langsung maupun secara virtual seperti saat ini.

3. Problem Solver

Situasi serta lingkungan yang baru seperti saat ini tentu saja berjalan beriringan dengan timbulnya banyak masalah yang berlum pernah ada sebelumnya. Kamu dituntut untuk mampu berpikir cepat, menganalisa masalah dan menemukan solusi yang paling tepat dalam waktu yang relatif singkat.

Cara melatih skill ini adalah dengan selalu memperhatikan detail-detail kecil terhadap suatu masalah. Dari detail-detail tersebut, kemudian terkumpulah informasi yang bisa kita gunakan untuk mencari solusi yang paling tepat untuk digunakan. Jika sudah terbiasa, maka periode dari pengungumpulan informasi ke pemecahan masalah akan semakin singkat.

4. Manajemen Waktu

Bekerja secara remote dari rumah tentu saja menyenangkan. Selain karena kamu bisa menghemat tenaga dan dana untuk berangkat ke kantor, kamu juga bisa memiliki waktu berkualitas lebih lama dengan keluarga.

Eits, tapi kondisi seperti ini juga berpotensi menimbulkan kelengahan lho.

Bekerja dari rumah bisa menghapus dinding pembatas antara “jam kerja” dan “jam keluarga” Jika kita tidak waspada, maka kita akan mengalami kebingungan untuk membedakan antara keduanya. Kita berada di jam kerja, namun berada di rumah yang juga merupakan jam keluarga. Kondisi yang membingungkan ini tentu saja akan menghambat produktifitas. Oleh sebab itu, kemampuan manajemen waktu yang baik sangat diperlukan dalam menjalani pekerjaan di masa pandemi seperti saat ini.

5. Leadership

Tidak semua orang suka untuk menjadi seorang pemimpin. Namun dalam hal pekerjaan, soft skill yang harus dimiliki jika kamu ingin berhasil sebagai seorang profesional muda, terutama di kala pandemi seperti saat ini.

Setiap orang pasti menginginkan posisi yang semakin tinggi dalam kariernya. Maka dari itu, kamu tidak bisa menghindar untuk menjadi seorang pemimpin. Lalu, untuk meningkatkan produktivitas dengan membawahi beberapa anggota tentu saja diperlukan skill kepemimpinan yang baik.

Kamu bisa memulai untuk melatih skill kepemimpinanmu dengan bertanggungjawab atas pekerjaan atau tugas kamu sendiri lho. Dengan membiasakan diri untuk bertanggungjawab dari hal kecil, maka ketika kamu diminta untuk memimpin satu tim, kamu tidak akan mengalami kesulitan yang berarti.

Selain 5 soft skill yang harus dimiiliki di atas, jangan lupa untuk memperkuat do’a mu agar semua urusan dilancarkan ya! Tetap semangat dan tetap produktif!

Post Terbaru

  • MAXIMA 2022

  • OPTIMALKAN MOMENTUM PEMULIHAN SEKTOR PARIWISATA, GARUDA INDONESIA KEMBALI GELAR GATF 2022, HADIRKAN POTONGAN HARGA HINGGA 80%

  • TEROBOSAN! Wahid Foundation Luncurkan Modul Panduan Kontra Narasi dan Narasi Alternatif Toleransi dan Perdamian

  • Dimeriahkan oleh Berbagai Lineup dan Tiga Area Interaktif di Dalamnya, Playfest 2021 Capai 150 Ribu Visitor

Leave a Reply

Your email address will not be published.