Tips Berbisnis Melalui Digital Marketing Agar Cuan Terus

 Tips Berbisnis Melalui Digital Marketing Agar Cuan Terus
Share To:

Tips Berbisnis Melalui Digital Marketing – Sadar nggak sih, kalau zaman sekarang banyak orang yang memiliki website, namun nyatanya hanya sebatas “punya” website.

Artinya, orang hanya memiliki website tanpa ada tindakan selanjutnya untuk boost website hingga menjadi website untuk berbisnis. Padahal faktanya, sebagus dan secanggih apapun website Anda, belum tentu bisa langsung mendapatkan klien, menjadikan website yang kredibel atau menaikan omset penjualan.

Sekarang ini, digital marketing menjadi lebih terkenal di akhir-akhir tahun karena pandemi COVID-19 yang juga mengharuskan seluruh bisnis menjadi via online. Mau tidak mau, pebisnis harus mampu untuk menyesuaikan situasi setiap waktunya seperti, yang dahulu bisnis harus memiliki toko secara fisik, kini hanya modal smartphone dan internet.

Untuk membuat bisnis online, tentunya akan ada banyak rintangan. Dengan adanya digital marketing, dapat membantu bisnis online Anda semakin menjangkau lebih banyak target pasar hingga menaikkan omset penjualan. Untuk mengelola digital marketing pada bisnis Anda, artikel ini akan membantu Anda dengan cara yang mudah dan sederhana.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing merupakan aktivitas pemasaran melalui media online dengan bantuan jaringan internet seperti sosial media. Contohnya adalah dengan menggunakan WhatsApp Business,  email, blog, hingga website.

Mengapa Harus Menggunakan Digital Marketing?

Dalam memulai bisnis, Anda perlu mengingat 2 hal penting.

Pertama, ketika Anda harus mengetahui terlebih dahulu bahwa target pasar Anda akan berkemungkinan tidak mengetahui keberadaan bisnis Anda apalagi jika bisnis Anda masih baru dimulai.

Kedua, yang berkemungkinan terjadi adalah Anda sebagai pemilik bisnis pun belum mengenal target pasar Anda. Kedua kemungkinan ini yang menjadikan bisnis tersebut perlu bantuan digital marketing.

Pada masa ini, semua orang memiliki ketergantungan dengan internet. Melalui internet, Anda juga akan lebih mudah menjalin koneksi, bukan? Sehingga akan lebih mempermudah Anda dalam melakukan promosi online melalui digital marketing.

Digital marketing akan membantu Anda, seperti:

1. Memangkas pengeluaran dalam melakukan promosi karena akan melalui media online

2. Menjangkau lebih banyak target pasar

3. Menghubungkan dengan target pasar secara real time

4. Meningkatkan omset penjualan bisnis

5. Membangun personal branding dan product branding.

Setelah mengetahui manfaat dari digital marketing, kini saatnya mengembangkan bisnis online melalui berbagai platform sesuai dengan target pasar. 

Tips Berbisnis Melalui Digital Marketing 

1. Tentukan Target Pasar dan Produk Bisnis Anda

Pilihlah target pasar yang spesifik seperti jenis kelamin, umur, pekerjaan, dan gaji yang diterima. Poin ini akan membantu Anda agar produk/jasa yang Anda berikan, dapat langsung tertuju pada target yang membutuhkan bisnis yang Anda akan tawarkan.

Untuk mengetahui produk bisnis Anda, yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan riset mengenai kebiasaan target pasar dan permasalahan yang sering dihadapi. Dengan begitu, Anda akan jauh lebih mudah untuk menjangkau audiens yang membutuhkan solusi melalui usaha Anda.

2. Gunakan Copywriting Ketika Berjualan

Ketika Anda melakukan promosi produk/jasa, Anda tidak semata-mata hanya menyajikan spesifikasi berbentuk poin-poin atau cara penggunaannya saja. Anda perlu yang namanya copywriting untuk menarik perhatian calon customer.

Tidak dengan kata-kata saja, melainkan juga membuat kata-kata yang membujuk dan menarik target pasar terhadap produk/jasa Anda.

Copywriting biasa digunakan dengan penulisan seperti menggunakan kata-kata bahwa promosi akan berakhir hari ini, menyediakan diskon pembelian, menunjukkan kelebihan produk/jasa Anda.

3. Pelajari dan Gunakan Digital Marketing

Digital marketing memiliki berbagai jenis yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pemasaran bisnis, seperti:

1. WhatsApp Business

Dengan platform ini, performa bisnis Anda akan lebih ke arah jangka panjang karena dapat menjalin hubungan atau komunikasi dengan pelanggan secara real time. WhatsApp Business ini dapat Anda gunakan untuk chatting atau telepon dengan rentan biaya mulai dari Rp0.

Kelebihan menggunakan WhatsApp Business ini adalah membuat bisnis Anda lebih profesional dibandingkan melalui WhatsApp secara personal, monitoring pergerakan pesan yang masuk untuk kegiatan evaluasi, merespons pesan masuk secara otomatis seperti penggunaan bot, dan masih banyak lagi.

2. Website

Kini telah banyak orang yang menawarkan jasanya dalam pembentukan website yang bisa Anda pekerjakan ketika Anda tidak memiliki pengetahuan terhadap website. Meskipun mengeluarkan biaya yang relatif mahal, namun kini website menjadi platform yang juga sering digunakan bahkan untuk small business sekalipun.

Berbeda dengan media WhatsApp Business, website akan membantu Anda promosi bisnis dengan menyajikan lebih banyak informasi lengkap dan juga bisa dirasakan dalam jangka panjang. 

Kelebihan lainnya adalah penggunaan website ini cocok untuk bisnis apapun, menyajikan berbagai foto yang mendukung bisnis Anda, tampak lebih profesional dan terpercaya, hingga dapat diakses setiap waktu.

3. Search Engine Optimization (SEO)

SEO akan membantu website Anda agar tampil di halaman pertama mesin pencarian Google. Dengan begitu, website bisnis Anda akan lebih mudah dilihat dan dikenal oleh orang lain.

Secara tidak langsung SEO juga akan membantu Anda untuk menjangkau target pasar lebih luas dan menaikkan omset penjualan, loh!

Baca juga: 5 Tools SEO Gratis untuk Cari Keyword Selain Google!

Biasanya, SEO digunakan untuk Anda yang ingin promosi online dengan tidak berbayar. Hal ini bisa Anda rasakan ketika Anda mengetahui algoritma mesin pencarian Google dan tidak perlu untuk bersusah payah mengeluarkan biaya promosi. Luar biasanya, SEO juga memiliki performa dalam jangka panjang.

4. Search Engine Marketing (SEM)

Hampir sama seperti SEO, SEM juga akan membantu website Anda berada di halaman pertama mesin pencarian Google. Perbedaannya adalah jika Anda menggunakan SEM, maka Anda perlu untuk membayar sejumlah biaya promosi. 

SEM akan mengandalkan iklan setiap klik di website yang memiliki kelebihan seperti, menentukan target pasar secara spesifik, lebih meningkatkan penjualan, dan meningkatkan traffic dibandingkan SEO. 

5. Email Marketing

Email tidak hanya untuk berkomunikasi seperti zaman dahulu, melainkan juga bisa Anda manfaatkan untuk promosi. Email marketing tentu akan dapat menaikkan awareness tentang produk/jasa Anda melalui email secara jangka panjang.

Poin ini juga tergolong mudah untuk dilakukan dengan penggunaan copywriting yang kuat untuk membujuk target pasar tertarik agar membuka email tersebut. Dalam penggunaan email ini, Anda bisa memberikan berbagai konten dan informasi terkait promosi. 

6. Social Media Marketing (SMM)

Seperti namanya, pemasaran ini akan menggunakan sosial media sebagai media utamanya. SMM akan membantu Anda agar dapat melakukan promosi online dengan cara berbayar maupun tidak berbayar sesuai dengan budget promosi Anda.

Jika tidak berbayar, maka Anda dapat membuat konten-konten pada sosial media dengan menyediakan informasi bisnis Anda dan memakai ads berbagai sosial media jika berbayar seperti Facebook Ads, Instagram Ads, TikTok, YouTube dan masih banyak lagi.

Baca juga: 9 Cara Membuat Giveaway di Instagram Yang Mudah dan Efektif

7. Affiliate Marketing

Melalui affiliate marketing, Anda akan terbantu dengan produk/jasa yang dapat terjual lebih cepat karena bantuan promosi orang lain. Terlihat mudah, namun Anda perlu untuk lebih bersabar sebab Anda bergantung pada orang lain yang menggerakkan promosi bisnis Anda.

Affiliate marketing lebih cocok untuk Anda yang ingin menjalin hubungan dengan pihak eksternal lebih luas dan memiliki budget untuk membayar afiliator yang berhasil menjual produk/jasa Anda, alias memberikan komisi.

Nah, bagaimana tips berbisnis melalui digital marketing kali ini? Mempelajari digital marketing memang perlu waktu yang cukup lama dan tidak bisa secara instan mendapatkan klien. Namun, digital marketing akan sangat membantu Anda ketika Anda telah mengetahui cara, tips, dan trik yang harus dilakukan dalam jangka panjang.

Penulis: Nakita Audelia
Editor: Kurnia Alif

Post Terbaru

  • Griyasis, Dukung Percepatan Teknologi Lewat Pengadaan Server dan IT Solution

  • Gandeng LOKET, Kreator Drive-in Senja Luncurkan Wahana Live Experience Baru “Dunia Mencekam”, Hadirkan Pop-Culture Horror Jepang Era Kini

  • TEROBOSAN! Wahid Foundation Luncurkan Modul Panduan Kontra Narasi dan Narasi Alternatif Toleransi dan Perdamian

  • Dimeriahkan oleh Berbagai Lineup dan Tiga Area Interaktif di Dalamnya, Playfest 2021 Capai 150 Ribu Visitor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *