5 Tools SEO Gratis untuk Cari Keyword Selain Google!

 5 Tools SEO Gratis untuk Cari Keyword Selain Google!
Share To:

Tools SEO gratis – Mencari kata kunci untuk keperluan website dalam menjalankan Search Engine Optimization (SEO) pada artikel Anda sungguh teramat penting. Keperluan SEO tools sendiri digunakan agar website Anda dapat berada di halaman pertama Google dengan mendapatkan kata kunci atau keyword yang terbaik untuk mengalahkan website lainnya.

Pengertian SEO

SEO merupakan suatu upaya agar website yang Anda buat dapat mampu berada di peringkat teratas dalam pencarian Google dengan cara mengoptimasinya. Untuk mengetahui peringkat tersebut, Anda dapat melihat melalui ranking dan traffic dari website tersebut. 

Tak hanya itu, SEO juga dapat membantu untuk website Anda dapat dibaca oleh target pasar Anda yang akan memudahkan Anda dalam jangka panjang. Tentunya, SEO memerlukan pembelajaran mengenai apa saja yang diperlukan untuk menjadikan website di urutan teratas, misalnya dengan penggunaan kata kunci pada website Anda.

Kenapa Website Sangat Memerlukan SEO?

Tentu Anda akan bertanya-tanya, mengapa website Anda perlu SEO bahkan kini banyak sekali pekerjaan yang berhubungan dengan SEO. Berikut merupakan manfaat dari SEO.

1. Google Adalah Media Utama Untuk Mencari Segala Sesuatu

Anda sendiri pun jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan, tentu akan bertanya pada Google, bukan? Entah itu untuk menyelesaikan tugas sekolah atau kuliah, mencari tahu mengenai pekerjaan, beberapa lokasi liburan, dan sebagainya. Hal inilah yang membuat bahwa SEO sangat penting untuk website Anda karena seluruh informasi telah Anda tersedia di mesin pencarian Google untuk dapat Anda manfaatkan dimanapun dan kapanpun.

2. Menghasilkan Uang Melalui Website

Ketika Anda membuat website, tentu Anda ingin website Anda dapat berada di urutan teratas. Melalui SEO, Anda dapat membuat website Anda berada di ranking atas agar lebih mudah dijangkau oleh sekian banyak pengguna Google, termasuk Anda sendiri.

Semakin banyak orang yang mengenali website Anda semakin brand awareness meningkat, maka semakin mudah untuk Anda mendapatkan keuntungan dari website Anda. Siapa yang tidak mau untuk menaruh iklan usahanya di website Anda yang berada di posisi pertama? Tentu Anda akan semakin cuan dengan SEO karena perjanjian kerjasama bisnis ini!

3. Meningkatkan Awareness dan Jangkauan Banyak Orang

Untuk menyaingi website besar dan memiliki “nama”, Anda perlu SEO. Melalui SEO, Anda dapat membuat banyak orang yang sebelumnya tidak mengetahui keberadaan website Anda, kini menjadi tahu akibat website Anda yang berada di urutan teratas.

Luar biasanya, SEO dapat membuat website Anda lebih terpercaya dibanding website lainnya. Bisa saja website Anda dijadikan referensi untuk orang lain dan dimanfaatkan oleh banyak orang untuk keperluan tugas hingga penelitian skripsi, bukan?

Baca juga: Jenis-Jenis Content Marketing untuk Kembangkan Bisnis

Lantas, Bagaimana Cara Agar Website Anda Berada di Posisi Teratas?

SEO selalu berkaitan dengan kata kunci di mana kata kunci tersebut harus dicari terlebih dahulu sebelum pembuatan artikel. Hal ini dapat Anda lakukan untuk mengetahui kata kunci apa saja yang paling sering dicari oleh orang-orang dalam beberapa waktu terakhir. Maka dari itu, Anda perlu untuk mencari dan memasukkan sebanyak mungkin kata kunci yang relate dalam artikel Anda. 

Terkadang untuk mencari serangkaian kata kunci tersebut, beberapa tools yang menyediakan jasa dalam pencarian kata kunci tidak menyediakannya secara gratis. Namun, masih ada sekian banyak website gratis yang dapat Anda gunakan untuk mencari kata kunci yang relevan untuk dimanfaatkan. 

Dalam artikel ini, tidak dicantumkan website milik Google dalam pencarian kata kunci agar Anda dapat lebih mengetahui berbagai website yang sama canggihnya dengan Google. Berikut merupakan website gratis yang dapat bantu Anda cari kata kuncinya.

SEO Tools Gratis Untuk Cari Keyword Dengan Mudah 

1. Keywordtool.io

Website ini dapat Anda cari dengan mengetik www.keywordtool.io untuk mencari kata kunci secara gratis. Dalam halaman utama bagian atas, website ini telah menyediakan kolom untuk nantinya Anda dapat isi terkait kata kunci yang ingin anda telusuri. 

Dengan mudahnya, Anda dapat langsung mengetahui beberapa kata kunci yang relevan saat ini dalam hitungan detik saja. Bahkan, website ini dapat memberikan contoh jika kata kunci yang Anda masukkan kurang tepat.

Kekurangan dalam website ini adalah tidak disertai beberapa fitur pendukung lainnya, seperti analisis terkait kata kunci. 

2. SE Ranking

Diluar ekspektasi, website ini menyediakan fitur analisis terkait kata kunci yang Anda pakai untuk keperluan artikel SEO, seperti similar keywords dan related keywords. Luar biasanya, website ini juga dapat menganalisis seberapa sulit atau mudah kata kunci yang Anda pakai mampu untuk bersaing dengan website lain dan bagaimana pergerakan volume terkait pencarian kata kunci.

Website ini juga merekomendasikan beberapa artikel yang berhubungan dengan kata kunci yang Anda tuliskan, sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk mencari artikel yang relevan lagi. Didukung juga dengan seberapa banyak kata kunci yang dipakai dan traffic yang dihasilkan dari website rekomendasi SE Ranking. Anda bisa mengaksesnya di www.seranking.com, ya!

3. Ahrefs

Seperti website pencarian kata kunci SEO lainnya, Ahrefs yang dapat diakses melalui www.ahrefs.com dapat membantu kita untuk mencari kata kunci yang relevan. Tanpa butuh untuk sign up atau sign in terlebih dahulu yang cukup memakan waktu, website ini dapat langsung Anda manfaatkan dengan sedemikian rupa.

Kelebihan dalam website ini adalah dalam hasil pencarian, maka nantinya Anda akan disuguhkan dengan hasil analisis Ahrefs seperti kata kunci yang relevan, keyword difficulty, volume pencarian, hingga kapan terakhir kata kunci tersebut diperbaharui.

4. LSIGraph

LSIGraph dapat membuat Anda terkesima akan hasil analisis yang diberikan pada kata kunci yang Anda berikan. Sebab, website ini dapat menyediakan beberapa kata kunci SEO lain yang relevan, menunjukkan tren, volume, hingga Cost Per Click (CPC) yang dapat diakses di www.lsigraph.com.

Website ini juga menyediakan hasil analisis seperti top performing content yang dapat direct ke artikel terkait. Top performing content ini merupakan beberapa artikel yang dinilai relevan terhadap kata kunci saat sedang melakukan pencarian dan disajikan secara ringkas dan cukup banyak.

5. Highervisibility

Website terakhir yang menyediakan tools SEO gratis untuk keyword Anda adalah Highervisbility yang dapat diakses melalui www.highervisibility.com/free-seo-tools/bulk-keyword-generator. Pada halaman utama, Anda akan disuguhi fitur untuk Anda mengisi bisnis yang Anda jalankan dan negara yang Anda tinggali.

Setelah mengisi 2 pertanyaan tersebut, Anda akan disuguhkan beberapa kata kunci yang relevan terkait bisnis yang berada di negara Anda saat ini. Canggih, bukan?

Perlu diingat, seluruh poin yang tersedia merupakan tools seo gratis tersebut sangat mudah untuk digunakan. Bahkan tanpa adanya keharusan mengisi data diri, email, verifikasi, kecuali website Ahrefs yang hanya membutuhkan verifikasi Anda bukan robot di setiap pencarian. Tentunya, setiap website yang tersedia memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri seperti adanya keterbatasan analisis tools SEO.

Penulis: Nakita Audelia
Editor: Kurnia Alif

Post Terbaru

  • Griyasis, Dukung Percepatan Teknologi Lewat Pengadaan Server dan IT Solution

  • Gandeng LOKET, Kreator Drive-in Senja Luncurkan Wahana Live Experience Baru “Dunia Mencekam”, Hadirkan Pop-Culture Horror Jepang Era Kini

  • TEROBOSAN! Wahid Foundation Luncurkan Modul Panduan Kontra Narasi dan Narasi Alternatif Toleransi dan Perdamian

  • Dimeriahkan oleh Berbagai Lineup dan Tiga Area Interaktif di Dalamnya, Playfest 2021 Capai 150 Ribu Visitor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *