3 Tools Untuk Social Media Specialist yang Wajib Ada

 3 Tools Untuk Social Media Specialist yang Wajib Ada
Share To:

Tools Untuk Social Media Specialist? –  Media sosial telah menjadi sarana pemasaran segala produk maupun bisnis yang wajib di era digital. Istilah pemanfaatan media sosial dalam dunia bisnis sering disebut social media marketing.

Teknik pemasaran ini menjadi salah satu strategi yang efektif digunakan mulai dari para pengusaha kecil-kecilan hingga perusahaan besar tingkat nasional dan internasional.

Menjalankan pemasaran lewat media sosial tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan riset mendalam untuk menarik perhatian dan mengelola para pelanggan di media sosial.

Saat ini, perusahaan yang melakukan pemasaran digital umumnya merekrut seorang Social Media Specialist untuk mengelola dan melakukan promosi yang efektif di media sosial.

Apa itu Social Media Specialist?

Social media specialist adalah seseorang yang fokus menciptakan konten digital pada berbagai platform media sosial untuk menarik pelanggan, meningkatkan brand awareness, memperkuat pemasaran, dan mendorong angka penjualan.

Tidak hanya membuat dan mengunggah konten ke media sosial, seorang social media specialist harus selalu melakukan riset terkait materi yang akan dijadikan konten yang sesuai dengan pasar dan tren di masyarakat.

Tugas dan Tanggung Jawab Social Media Specialist

  1. Mengembangkan rencana konten dalam media sosial yang sesuai dan konsisten dengan identitas brand perusahaan
  2. Menciptakan konten yang memiliki nilai dan menyesuaikan dengan semua platform media sosial
  3. Mengelola seluruh post media sosial
  4. Membangun komunikasi dengan pengikut di media sosial
  5. Melakukan riset dan analisis untuk meningkatkan minat pengguna media sosial berkunjung ke platform perusahaan
  6. Mempersiapkan laporan perkembangan media sosial perusahaan
  7. Memberi rekomendasi dan saran untuk strategi pemasaran di media sosial
  8. Memberi arahan kepada tim desain untuk visualisasi konten yang sudah direncanakan

Apa Saja Tools Untuk Social Media Specialist?

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang social media specialist, diperlukan tools yang dapat membantu meringankan pekerjaan tersebut.

Berikut adalah beberapa tools yang wajib dikuasai seorang social media specialist untuk mempermudah pekerjaannya.

1. Tools Untuk Mencari Ide Trend Terkini

Seorang social media specialist dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan tren yang ada setiap harinya. Beberapa tools yang dapat Anda gunakan untuk mencari ide dan menganalisa tren terkini diantaranya Twitter, AnswerThePublic, Google Trend, Instagram explore dan lain sebagainya.

Platform tersebut akan membantu Anda menemukan ide konten yang sedang hangat dibicarakan secara global. Untuk perkembangan tren nasional, trending topic Twitter merupakan salah satu tool terbaik yang membuat para pengguna tidak akan ketinggalan berita hangat.

Selain mencari tren terkini, Anda juga dapat melacak dan menganalisa hashtag atau tagar yang paling populer dan banyak digunakan user media sosial sebagai acuan untuk konten yang ingin Anda buat. Anda bisa menggunakan tool yang paling sering digunakan, yakni Keyhole.

Tidak hanya melacak tagar, tool ini juga berguna untuk menganalisa banyaknya influencer yang memberikan dampak positif dari produk yang Anda pasarkan. Sayangnya, tool ini hanya dapat digunakan dengan berlangganan sekitar $79 atau sekitar Rp1.130.000 per-bulannya.

2. Tools Untuk Monitoring dan Analisis Media Sosial

Insight tools berfungsi untuk melihat dan menganalisa performa media sosial berdasarkan jumlah kunjungan, suka, komen, dan metriks lainnya. Umumnya masing-masing platform media sosial memiliki insight tools sendiri. Anda dapat menggunakan insight tools bawaan seperti Instagram Insights, TikTok Analytics, dll.

Namun, para social media specialist biasanya menggunakan insight tools yang dapat mencakup semua media sosial dalam satu dashboard. Hal ini dipilih karena akan mempermudah pekerjaan social media specialist itu sendiri.

Google Analytics merupakan tool gratis terbaik yang dapat Anda gunakan untuk melacak performa berbagai platform media sosial Anda. Dengan tool ini, demografi hingga jumlah pengunjung yang datang ke setiap halaman Anda akan terlihat.

Untuk kegiatan analisis dan monitoring yang lebih luas, Hootsuite merupakan tool yang paling banyak digunakan oleh social media specialist. Tidak hanya menyediakan fitur analitik, Anda juga bisa berbagi tugas, mengatur jadwal dan mengerjakan secara bersamaan lebih dari satu user dengan anggota tim Anda.

Beberapa tool pilihan lainnya adalah Sprout Social, Socialblade, Analisa.io dan lain sebagainya yang dapat Anda gunakan secara berbayar.

3. Tools Untuk Membuat Visual Konten Yang Menarik

Bagi para content marketer dan social media marketer, meskipun Anda tidak pandai menggunakan software desain grafis kelas profesional seperti Photoshop, Corel Draw, dll, beberapa tool desain ini akan mempermudah Anda untuk memvisualisasikan konten.

Anda dapat mencoba aplikasi populer yang sudah familiar untuk sebagian besar orang yang bekerja di dunia digital, seperti Canva, Adobe Spark, Inshot, VN Video Editor, dan lain-lain.

Aplikasi tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat desain tanpa harus mengunduh software-nya terlebih dahulu. Berbagai fitur yang ditawarkan sangat menunjang dan memberikan kemudahan untuk melakukan desain karena tersedia berbagai template dan elemen yang siap pakai.

Tools desain tersebut tersedia secara online melalui website maupun aplikasi yang dapat diunduh di Microsoft, Android, dan IOS.

Itulah beberapa tools yang setidaknya perlu dikuasai oleh seorang social media specialist. Bagi Anda yang tertarik dengan media sosial atau menjadi social media specialist, beberapa tools di atas dapat Anda pelajari mulai sekarang.

Memang terlihat membingungkan, namun semua hal tentu dapat dipelajari. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai digital marketing, info seputar event, dunia kerja, dan tips-tips lainnya, silakan kunjungi eventjournal.id!

Penulis: Annisa Aprilia
Editor: Kurnia Alif

Post Terbaru

  • Griyasis, Dukung Percepatan Teknologi Lewat Pengadaan Server dan IT Solution

  • Gandeng LOKET, Kreator Drive-in Senja Luncurkan Wahana Live Experience Baru “Dunia Mencekam”, Hadirkan Pop-Culture Horror Jepang Era Kini

  • TEROBOSAN! Wahid Foundation Luncurkan Modul Panduan Kontra Narasi dan Narasi Alternatif Toleransi dan Perdamian

  • Dimeriahkan oleh Berbagai Lineup dan Tiga Area Interaktif di Dalamnya, Playfest 2021 Capai 150 Ribu Visitor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *